Evaluasi Manajemen Komunikasi PT. Prudential Pada Agen Sales Marketing dan Calon Pemegang Polis

Angga Pradipta Baskoro

Abstract


Meningkatkan kualitas layanan dan memuaskan pelanggan atau dalam hal ini adalah nasabah asuransi merupakan salah satu hal yang menjadi tujuan bagi setiap perusahaan baik perusahaan jasa maupun perusahaan industri. Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui tugas dan fungsi serta peran unit manager dalammengidentifikasi permasalahan terkait komunikasi yang terbuka baik secara organisasional maupun publik, memperoleh gambaran mengenai program dan perencanaan yang dilakukan dalam komunikasi kebijakan transparansi informasi, mengetahui bagaimana menyusun program komunikasi antara agen dengan calon nasabah. Penelitian ini menggunakan metodo penelitian deskriptif kualitatif serta metode pengumpulan data wawancara,observasi. Adapun hasil penelitian ini terdapat tiga tahapan manajemen komunikasi yang digunakan pada sistem keagenan PT. Prudential Life Assurance dalam menjaga kepercayaan nasabah, diantaranya tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, hal tersebut diwujudkan oleh Prudential Indonesia dan seluruh karyawan untuk sepakat melayani calon nasabah dan nasabah dengan mendengarkan dan memahami. Konsep tersebut dibuktikan dengan melayani nasabah, memberikan informasi secara jelas dan ramah, dengan keramahan dan pelayanan secara intens yang diberikan oleh Prudential Indonesia terhadap calon nasabah maupun nasabah yang sudah loyal.


Keywords


Manajemen Komunikasi, Asuransi, Nasabah

References


B.Siswanto Sastrohadiwiryo. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (2nd ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Cutlip, S. M. (2007). Effective Public Relations (9th ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Goup.

Handoko, T. H. (2003). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Kaye, M. (1994). Communication Management. sydney: Prentice Hall.

Miles, M.B. & Huberman, A. . (1994). Qualitative Data Analysis. . London: Sage Publishers.

Rahajeng Febri Kurniasari. (2016). Strategi Komunikasi Melalui Program Keagenan PT.Prudential Life Assurance Untuk Meningkatkan Kinerja Agen. Universitas Kristen Satya Wacana.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Windarto. PT.Prudential Life Assurance. Investor (2013).

Yoradius. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Pt. Prudential Life Insurance Dalam Menarik Keputusan Investasi Nasabah Di Samarinda. Ejournal.ilkom.fisip-Unmul.ac.id, 5, 25–37.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.3672

Copyright (c) 2018 Angga Pradipta Baskoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License