Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis

Hesty Nurul Utami, Iqbal Fauzi Akbar Firdaus

Abstract


Keberadaan internet memberikan konsekuensi tidak hanya pada perubahan baya hidup modern namun juga merubah perilaku individu dalam melakukan aktivitas pembelian produk barang dan/atau jasa secara daring (online). Penelitian ini dilakukan bertujuan menginvesitigasi model online shopping yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran untuk produk pertanian berupa bibit tanaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat analisis dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran dengan mengkombinasikan bauran produk, harga, lokasi pembelian, dan promosi berpotensi mempercepat keputusan pembelian konsumen produk bibit tanaman yang dilakukan melalui situs jual beli yang dikembangkan oleh perusahaan. Namun, hasil uji parsial menunjukkan bahwa hanya produk dan lokasi pembelian saja yang memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen produk bibit tanaman yang dilakukan secara online. Model pembelian secara online menjadi salah satu upaya perusahaan produk agribsinis sejenis untuk memberikan pilihan kepada konsumen memenuhi kebutuhannya. Perubahan gaya hidup dengan maraknya e-commerce dapat meningkatkan peluang pemasaran baru yang dapat dimanfaatkan dan fleksibilitas bagi pilihan konsumen untuk melakukan pembelanjaan. Bauran produk dan bauran promosi perlu dipertahankan dengan terus memberikan inovasi pada bauran produk dan bauran tempat yaitu pengeloaan website penjualan agar dapat memberikan kombinasi peran yang lebih baik bagi keberlangsungan perusahaan.

Keywords


Keputusan pembelian, bauran pemasaran, belanja daring, pemasaran agribisnis, e-commerce

References


Astuti, R., Lutfian, R., Silalahi, R., Dian, G., & Wijaya, P. (2015). Marketing Strategy Based on Marketing Mix Influence on Purchasing Decisions of Malang Apples Consumers at Giant Olympic Garden Mall (MOG), Malang City, East Java Province, Indonesia. Italian Oral Surgery, 3, 67–71. https://doi.org/10.1016/j.aaspro.2015.01.015

Christopher, M., dan Peck, H. (1997). Marketing Logistic Second Edition. Oxford: Butterworth Heinemann.

Dahiya, R., and Gayatri. (2017). A research paper on digitalmarketing communication and consumer buying decision process: an empirical study in the indian passenger car market. Journal of Global Marketing, 1-23. http://dx.doi.org/10.1080/08911762.2017.1365991

Dubrovski, D. (2001). The Role of Customer Satisfaction in Achieving Business Excellence. The 6th TQM World Congress. Saint Petersburg.

Hair, Jr. J.F., Black W.C., Babin, B.J., Anderson, R.E. dan R. Tatham. (2006). Multivariate Data Analysis. Sixth Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hansen, T., Møller Jensen, J., & Solgaard, H. S. (2004). Predicting online grocery buying intention: a comparison of the theory of reasoned action and the theory of planned behavior. International Journal of Information Management, 24, 539–550. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2004.08.004

Hasan, Ali. (2008). Marketing. Yogyakarta: Medpress.

Hintze, Stephanie (2015). Value Chain Marketing. Springer: London.

Kartajaya, Hermawan. (2010). New Wave Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kasali, Rhenald. (2005). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kim, Y. H., Kim, M., & Goh, B. K. (2011). An examination of food tourist’s behavior: Using the modified theory of reasoned action. Tourism Management, 32, 1159–1165. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2010.10.006

Kotler, P., dan Keller, K.L., (2006). Marketing Management, twelfth Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Upper Saddle River.

Kotler, P., dan Armstrong, G.M., (2010). Principles of Marketing. 13th (Global) Edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Kurnia, Kafi. (2005). Anti Marketing. Jakarta: AKOER.

Mainieri, T., Barnett, E. G., Valdero, T. R., Unipan, J. B., & Oskamp, S. (1997). Green Buying: The Influence of Environmental Concern on Consumer Behavior. The Journal of Social Psychology, 137(2), 189–204. Retrieved from https://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/00224549709595430?needAccess=true

Pomering, A. (2017). Marketing for sustainability : Extending the conceptualisation of the marketing mix to drive value for individuals and society at large. Australasian Marketing Journal (AMJ), 25(2), 157–165. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2017.04.011

Rong, A., Liang, -Da, & Lim, W. M. (2011). Exploring the online buying behavior of specialty food shoppers. International Journal of Hospitality Management, 30, 855–865. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2011.01.006

Sadeli, A.H., Utami, H.N., dan Rahmanisa, R. (2016). Does Customer Satisfaction on Product Quality Illustrates Loyalty of Agriculture Product?. International Journal of Applied Business and Economic Research, 14(1), 223-232.

Schriffman L.G., dan Kanuk L.L. (2004), Purchase Behaviour. Brno: Computer Press.

Schiffman, L.G., dan Kannuk, L.L., (2010) Consumer behaviour. 10th edn. New Jersey: Prentice Hall.

Schmitt, B. (2010). Experience Marketing: Concepts, Frameworks and Consumer Insights. Foundations and Trends® in Marketing, 5(2), 55–112. https://doi.org/10.1561/1700000027

Sheth, J. N., Newman, B. I., & Gross, B. L. (1991). Why We Buy What We Buy: A Theory of Consumption Values, Journal of Business Research, 22, 159–170.

Suhari, Yohana. 2008. Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Semarang: Universitas Stikubank.

Syahbani, M.F., dan Widodo, A. (2017). Food Blogger Instagram: promotion through social media. Ecodemica Vol 1 No 1.

Vyt, D., Jara, M., & Cliquet, G. (2017). Journal of Retailing and Consumer Services Grocery pickup creation of value : Customers ’ bene fi ts vs . spatial dimension, 39(August), 145–153. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.08.004

Young, L. dan Burgess, B. (2010). Marketing Technology as a Service: Proven Techniques that Create Value. West Sussex: John Wiley & Sons Ltd.

Zhang, J., Farris, P., Irvin, J., Kushwaha, T., Steenburgh, T., Weitz, B., (2010). Crafting integrated multichannel retailing strategies. Journal Interactive Marketing Vol 24 No 2, 168–180.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License