Peran Lembaga Keuangan Syariah Dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif Bagi Pelaku UMKM Tasikmalaya

Lina Marlina, Biki Zulfikri Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang telah dilakukan oleh LKS dalam mengimplementasikan keuangan inklusif, hambatan yang dihadapi dan bagaimana peran LKS dalam mengimplementasikan keuangan inklusif terhadap pelaku UMKM di Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survai dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala Cabang BNI Syariah Tasikmalaya, BRIS Tasikmalaya, BMT Wira Mandiri, dan pengusaha mikro. Hasil selanjutnya menunjukan bahwa sudah cukup banyak upaya yang dilakukan oleh LKS dalam mengimplementasikan keuangan inklusif bagi pelaku UMKM, hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa produk, program, pembiayaan yang ditujukan buat para pelaku UMKM yang ada di Tasikmalaya. Hambatan yang dihadapi, SDM dan kantor layanan terbatas, terkendala agunan sebagai second way out dikarenakan pembiayaan harus tetap aman, pelayanan internal belum optimal, pemahaman dan kesadaran masyarakat masih senang dengan pinjaman instant, tidak mau ribet sehingga masyarakat lebih banyak yang melakukan transaksi dengan lembaga keuangan konvensional ketimbang LKS yang diasumsikan prosesnya terkesan ribet. Pelaku usaha mikro memerlukan peran LKS terutama dalam hal permodalan yang digunakan untuk memperluas pasar dan mengembangkan usahanya sehingga berkontribusi besar dalam perekonomian nasional, LKS dengan institusi ZISWAF-nya mampu memberikan jalan keluar untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang bersifat konsumtif dan bisa menutupi kebutuhan dasar investasi UMKM.

Keywords


Keuangan Inklusif, Keuangan Syariah, LKS, UMKM.

References


Agustin, I. (2015). Keuangan Inklusif: OJK Terbitkan Izin 8 Lembaga Keuangan Mikro, Bisnis.Com: Jakarta.

Bank Indonesia. (2013). Evolusi Kerangka Kebijakan Financial Inclusion.

Badan Pusat Statistik. (2015). Sosial dan Kependudukan.

Basri, I. B. (2008). Coorporate Governance Lembaga Keuangan Syariah, Bumi Aksara: Jakarta.

Edwar, Y. K. D., & Chaniago, M. S. (2017). Pengaruh Risiko Kredit Terhadap Likuiditas Melalui Perputaran Piutang Pada Koperasi Harapan Jaya, Jurnal Ecodemica: Bandung. Vol. 1 No. 2.

Ismawati. (2016). Persepsi Usaha Mikro Dan Kecil Terhadap Inklusi Keuangan Dan Akses Perbankan. STIE Perbanas Surabaya.

Kasmir. (2013). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2008). "Kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Menurut UU No. 20 Tentang UMKM".

Nengsih, N. (2015). Peran Perbankan Syariah Dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif di Indonesia, Etikonomi. ISSN. Vol.14. No.2.

Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. (2014). Salinan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.19/POJK.03/2014 Tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif.

Rakhmindyarto. (2014). Keuangan Inklusif dan Pengentasan Kemiskinan, Published on Kementerian RI/Ministry of Finence of Republic of Indonesia.

Riyana, S. (2010). Pengaruh Pembiayaan Sektor UMKM Terhadap Profitabilitas, Universitas Islam Negri Syarif Hidatullah, Jakarta.

Rivai, V. (2008). Islamic Financial Management, Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Rivai, V. (2010). Islamic Banking, Bumi Aksara: Jakarta.

Sumitra, A. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Kencana: Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta: Bandung.

Irmawati, S. dkk. (2013). Model Inklusi Keuangan pada UMKM Berbasis Pedesaan, Journal of Economics and Policy, Vol. 6. No. 2.

Sudarsono, H. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Ekosinia: Yogyakarta.

Sukamto, I. (2015). Pelaku Usaha Kecil Kunci Pertumbuhan Keuangan Inklusif, 11 Juni, Tempo CO: Jakarta.

Triana Fitriastuti, Triana. (2015). Implementasi Keuangan Inklusif Bagi Masyarakat Perbatasan (Studi Kasus Pada Kutai Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara Dan Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia).

Wibisono, K. (2012). BI Siapkan Sejumlah Kebijakan Keuangan Inklusif. Antara News: Jakarta.

Zimmer, T. W., Scarborough, N. M., Wilson, D. (2008). Essentials of Entepreneurship and Small Business Management, Salemba Empat: Jakarta.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License