Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan Properti & Real Estate

Rara Sukma Palupi, R. Susanto Hendiarto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kebijakan hutang,  profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada sektor properti dan real estate periode 2012-2016. Populasi penelitian adalah perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pemilihan sampel adalah purposive sampling dan didapat 10 perusahaan yang sesuai dengan kriteria sampel. Metode analisis data menggunakan data panel dan ordinary least squares (OLS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kebijakan dividen, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan secara bersama-sama. Secara parsial kebijakan dividen memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sub sektor properti dan real estate. Kebijakan hutang tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sub sektor properti dan real estate. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sub sektor properti dan real estate.


Keywords


Kebijakan Hutang, Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan

References


Abidin, Zainal, dkk. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen dan Size Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Properti di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Wawasan Manajemen. Vol. 2, Nomor 3.

Darmawan, Wira Adi. 2013. Analisis Pengaruh Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011). Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 3, No. 2.

Diani, Amelia Fitri. 2016. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). E-jurnal Riset Manajemen.

Faridah, Nur. 2016. Pengaruh Keputusan Investasi, Pendanaan, Kebijakan Dividen dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 05, Nomor 2.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21. Semarang, Edisi Ketujuh. Universitas Diponegoro.

Herawati, Titin. 2013. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dalam Indeks Kompas 100 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011. Jurnal ekonomi. Vol. 02, No. 2.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2015. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta. UPP AMP YKPM.

Ilhamsyah, Fendyka Luqman. 2017. Pengaruh Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Riset dan Manajemen. Volume 6, Nomor 2.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan keuangan, Cetakan ke-8. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Mardiyati, Umi, Gatot Nazir Ahmad, dan Ria Putri. 2012. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. 3, No. 1.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta, Edisi Keempat. BPFE.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta, Edisi Keempat. BPFE.

Sembiring, Etti Ernita, dkk. 2010. Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi. Vol. 2, No. 1.

Sudana, Made, I. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta. Erlangga.

Sunyoto, Danang dan Eka Fathonah Susanti. 2015. Manajemen Keuangan Untuk Perusahaan. Yogyakarta, Cetakan 1. PT Buku Seru.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta. Ekonisia.

Wahyuni, Tri, dkk. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan di Sektor Property, Real Estate & Building Construction yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 2, No. 1.

Warouw, Christiana, dkk. 2016. Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 16, No. 02.

Winarno, W, W. 2015. Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan EViews.Yogyakarta, Edisi Keempat. UPP STIM YKPN.

Yuniarsih, Evi. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Perusahaan Advertising, Printing dan Media. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5, No. 2.

Data fenomena profitabilitas terhadap nilai perusahaan, data diperoleh dari situs internet www.tribunnews.com. Diunduh pada 15 Januari 2018




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License