PENGARUH MODAL INTELEKTUAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PEGAWAI CUSTOMER SERVICES HOTEL BERBINTANG EMPAT DI KOTA BANDUNG

Donni Juni Priansa, Leni Cahyani

Sari


Abstract - Not optimally the competitiveness of four star hotels at Bandung City was allegedly caused by a number of aspects related to the employees loyalty, where employees loyalty is formed by a number of interrelated factors, such as employees performance, intellectual capital, and employees satisfaction. This study aims to analyze the influence of intellectual capital and job satisfaction to the employees performance; and the influence of intellectual capital, job satisfaction, and employees performance to the employees loyalty of four star hotels at Bandung City. This research used descriptive and explanatory survey method. Population of this study is customer services employees of four star hotels at Bandung City. Based on calculations using formulas samples from Slovin, obtained the unit analysis of this research is 150 samples and are distributed
proportionally. The sampling technique used is simple random sampling (SRS). Research using a questionnaire instrument. Techniques of data analysis using path analysis with SPSS 21.00 and Microsfot Excell 2007. Based on these results, it can be concluded that the intellectual capital and job satisfaction has a positive and significant impact to the employees performance; and also that the intellectual capital, job satisfaction, and employees performance has a positive and significant impact to the employees loyalty of four star hotels at Bandung City. So, the intellectual capital, job satisfaction, and
employees performance must be optimized.

Keywords: Intellectual Capital, Job Satisfaction, Employees Performance, and Employees Loyalty

Abstrak - Belum optimalnya daya saing hotel berbintang empat di Kota Bandung disinyalir disebabkan oleh beberapa aspek berkenaan dengan belum optimalnya loyalitas pegawai, dimana loyalitas pegawai tersebut terbentuk atas sejumlah faktor yang saling berkaitan, yaitu kinerja pegawai, modal intelektual dan kepuasan kerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal intelektual dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai; serta pengaruh modal intelektual, kepuasan kerja, dan kinerja pegawai terhadap loyalitas pegawai hotel berbintang empat di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan eksplanatori survei. Populasi penelitian adalah pegawai customer services hotel berbintang empat di Kota Bandung. Berdasarkan perhitungan sampel dengan menggunakan rumus Slovin, diperoleh unit analisis penelitian sebesar 150 sampel yang kemudian didistribusikan secara proporsional. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling (SRS). Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan software pengolah data SPSS 21.00 dan Microsfot Excell 2007.
Berdasarkan hasil penelitian , dapat disimpulkan bahwa modal intelektual dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; serta modal intelektual, kepuasan kerja, dan kinerja pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pegawai hotel berbintang empat di Kota Bandung. Dengan demikian, maka modal intelektual, kepuasan kerja, dan kinerja pegawai perlu dioptimalkan.

Kata Kunci: Modal Intelektual Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai, dan Loyalitas Pegawai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik (2013). Berita Resmi Statistik Pariwisata Provinsi Jawa Barat. Bandung.

Bernaddin, H. John and Russel. (1993). Human Resources Management. New York: Mc. Graw Hill.

Brinker, B. (2005). Intellectual Capital: Tomorrow’s Asset, Today’s Challenge”, CPAVision. RetrievedJanuary 24, 2007, from:http://www.cpavision.org/vision/wpaper 05b.cfm

Desler, Gary. (2000). Manajemen Personalia. Jakarta: Prehalindo.

George dan Jones. (1997). Foundation of Behavioral Research. New York:Holt Rinehart and Winsto Inc.

Joreskog, K.G dan Dag Sorbom. (1996). Lisrel 8: User’s Reterence Quide. Chicago: Scientific Software International. Inc.

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat. Alih bahasa Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira. Jakarta: Salemba Empat.

Noe, Raymond A. (2006). Human Resource Management: Gaining A Competitive Advantage. New York: Mc Graw-Hill.

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, P. Stephen. (2007). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Sedarmayanti. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Siagian, Sondang P.. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama,. Cetakan Sepuluh. Jakarta: Rineka Cipta.

Simanjuntak, Payaman (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: LembagaPenerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Stewart, T.A. (2002). Intellectual Capital (Modal Intelektual): Kekayaan Baru Organisasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudimin, T. (2003). Whistleblowing: Dilema Loyalitas dan Tanggung Jawab Publik. Jurnal Manajemen dan Usahawan. Vol 32-1 Tahun 2003.

Tjiptohadi, Sawarjuwono dan Agustin Prihatin. (2003). Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran dan Pelaporan (Sebuah Library Research). Jurnal Akuntans dan Keuangan. Vol. 5 No. 1.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori, Aplikasi dan Isu Penelitian. Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v3i2.32



ISSN: 2549-8932

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License