Pengukuran Kinerja Perusahaan Hotel Berdasarkan Kriteria Malcolm Baldrige

Muhammad Ardi Nupi Hasyim

Abstract


Kinerja perusahaan perlu ditingkatkan secara berkelanjutan seiring dengan meningkatnya persaingan, kinerja pada industri jasa perhotelan menuntut terus adanya perubahan sehingga diperlukan alat ukur yang tepat agar perusahaan mengetahui level kinerjanya. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan hotel bintang Kota Bandung saat ini adalah peningkatan kinerja agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis yang sesuai dengan kondisi dan permintaan pasar, selain itu juga perusahaan hotel belum memiliki pengukuran kinerja dengan baik sehingga harus dilakukan penelitian untuk mengukur kinerja yang tepat untuk menilai kondisi kinerja perusahaan secara keseluruhaan. Penelitian ini menggunakan kriteria Malcolm Baldrige dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa kriteria fokus kepada operasi harus menjadi perhatian bagi pemimpin perusahaan. penelitian menemukan lemahnya sistem kerja dan proses kerja yang ada di perusahaan, sehingga perlunya penerapan pengendalian kualitas dengan baik. Jenjang predikat Kinerja Hotel bintang Kota Bandung berdasarkan pengukuran menggunakan Malcolm Baldrige berada di posisi Early Improvement.

Keywords


Kinerja Perusahaan, Malcolm Baldrige

References


Atkinson, A., Waterhouse, John, Wells, Robert.(1997). A Stakeholder Approach to Strategic Performance To Measurement. Sloan Management Review.ISSN 0019-848X, Vol 38 : 25-37.

Borowski, Paul, Maryan, Brennan (2008). The Baldrige Model: An Integrated and Aligned System Approach to Performance Excellence. Journal ofAssociation Leadership. Washington DC.

Dewantara, Suharta, Ali , Sudirman. 2010. Evaluasi Kinerja Inisiatif Manajemen Pemeliharaan Menggunakan Kriteria Malcolm Baldrige. Melalui [19/09/2017]

Fahmi, Irham.(2013). Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Flynn, Barbara,. Saladin, Broke.(2001). Further Evidence on the Validity of the Theoretical Models Underlying the Baldrige Criteria. Journal of Operations Management. vol 19 : 617-652.

Gaspersz, Vincent, Fontana, Avanti.(2011). Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence. Bogor: Vinchristo Publication.

Jannah, Selfie.(2017). Okupansi Hotel di Kota Bandung Menurun. Inilah Koran.com[24/10/2017]

Denis.(2006). The Impact of Baldrige on Corporate Financial & Non Financial Performance. 18th edition ASQ Quality Management Division Conference Irvine CA 2nd & 3rd

Rivai,.V, Basri.(2004). Performance Appraisal: Sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan daya saing perusahaan. Jakarta : Prenada Media.

Silalahi, Ulber.(2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama.

Sukmadinata .(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.




Copyright (c) 2018 Muhammad Ardi Nupi Hasyim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License