Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia

Ratnawaty Marginingsih

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor dalam profitabilitas bank umum syariah di Indonesia. Pengukuran dengan menggunakan rasio keuangan dapat menjelaskan dan memberikan gambaran tentang baik dan buruknya keadaan atau posisi keuangan dari suatu periode ke periode berikutnya. Rasio keuangan yang digunakan terdiri dari Capital Adequacy Ratio, Biaya Operasi dibanding Pendapatan Operasi, Financing to Deposit Ratio, Non Performing Financing dan Net Interest Margin yang dapat mempengaruhi profitabilitas, dengan proksi Return On Assets. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perbankan syariah yang beroperasi di Indonesia. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa keseluruhan variabel independen yang digunakan berpengaruh secara simultan terhadap Return On Assets Bank Umum Syariah di Indonesia. Secara parsial Capital Adequacy Ratio, Financing to Deposit Ratio dan Net Interest Margin berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Assets Bank Umum Syariah di Indonesia. Biaya Operasi dibanding Pendapatan Operasi dan Non Performing Financing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Assets Bank Umum Syariah di Indonesia.

Keywords


Capital Adequacy Ratio, Biaya Operasi dibanding Pendapatan Operasi, Financing to Deposit Ratio, Non Performing Financing, Net Interest Margin, Return On Assets, Bank Umum Syariah

References


Abdulilah, Mona. (2009). Profitability Determination of Commercial Banks In Malaysia After The 1997 Financial Crisis. Jurnal Thesis: Universitas Utara Malaysia.

Brigham, Eugene F., dan Joel F. Houston. (2012). Dasar-Dasar Manajemen. Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Dendawijaya, Lukman. (2009). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Gitman, Lawrence. (2009). Principles of Manajerial Finance. United States: Pearson Addison Wesley.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Infobank (2015). The Best Sharia Finance Institutions 2015. No. 440

Kasmir. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada.

Kasmir. (2010). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Marginingsih, Ratnawaty (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan di Indonesia. Jurnal Widyacipta. Vol. VIII. No. 1 . Maret 2016.

Muhammad. (2005). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Nurkhosidah, Siti. (2010). Analisis Pengaruh variabel Non Performing Financing, Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif, Financing to Deposit Ratio, Biaya Operasional per Pendapatan Operasional, Terhadap Profitabilitas Pada Bank Syariah Mandiri. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Otoritas Jasa Keuangan (2016) Statistik Perbankan Syariah 2016.

Pandia, Frianto. (2012). Manajemen Dana dan Kesehatan Bank. Jakarta: Rhineka Cipta.

Peraturan Bank Indonesia Nomor 6/10/PBI/2004 tanggal 12 April 2004 tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum

Ponco, Budi. (2008). Analisis Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM dan LDR Terhadap ROA (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2007). Semarang: Universitas Diponegoro.

Prasnanugraha, Ponttie. (2007). Analisis Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Bank Umum Di Indonesia. Tesis Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Rahman, T. (2009). Analisis Pengaruh CAR, NIM, BOPO, LDR, NPL terhadap Perubahan Laba (Studi Kasus pada Bank Non Devisa di Indonesia periode 2003-2007). Tesis Ekonomi Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Restiyana dan Mahfud, M. K. (2011). Analisis Pengaruh CAR, BOPO, LDR, dan NIM terhadap Profitabilitas Perbankan (Studi pada bank umum di Indonesia periode 2006-2011. Jurnal Ekonomi Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Riyanto, Bambang. (2010). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat, Cetakan Kesepuluh Yogyakarta: BPFE Gajah Mada.

Setiawan, Adi. (2009). Analisis Pengaruh Faktor Makro Ekonomi, Pangsa Pasar, dan Karakteristik Bank Terhadap Profitabilitas Bank Syariah. Semarang: Universitas Diponegoro.

Statistik Perbankan Indonesia, Bank Indonesia 2016

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran No.13/24/DPNP tanggal 25 Oktober 2011 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.

Suryani. (2011). Analisis Pengaruh Financing To Deposit Ratio Terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Walisongo STAIN Malikus Saleh Lhokseumawe. vol. 19. No. 1: 48-49.

Tambunan, Andi Porman. (2008). Menilai Harga Wajar Saham. Jakarta: PT Gramedia Elex Media Komputindo.

Taswan. (2010). Manajemen Perbankan Konsep, Teknik dan Aplikasi. Edisi. Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Undang-Undang Republlik Indonesia No. 10 tahun 1998 tentang Perbankan.

Yuliani. (2007). Hubungan Efisiensi Operasional dengan Kinerja Profitabilitas Pada Sektor Perbankan Yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. Vol 5. No 10. Desember 2007.




Copyright (c) 2018 Ratnawaty Marginingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License