Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pengunjung Taman Wisata Edukasi D’Kandang Depok

Wiwik Widiyanti, Julia Retnowulan

Abstract


Loyalitas pengunjung merupakan suatu hal yang penting dalam kelangsungan suatu bisnis wisata, dan dapat terjadi jika pengunjung mendapatkan pengalaman yang berkesan saat mengunjunginya. Oleh karena itu salah satu strategi marketing yang harus diperhatikan adalah memaksimalkan experiental marketing agar pengunjung memberikan loyalitasnya dengan cara berkunjung kembali. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuisioner yang disebar di Taman Wisata Edukasi D’kandang sebagai alat pengambilan data dan pengolahan data yang digunakan adalah SPSS 17. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor-faktor dalam experiental marketing yaitu sense, feel,think, act dan relate secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengunjung Taman Wisata Edukasi D’Kandang dan juga yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas secara parsial adalah faktor sensedan feel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi marketing Taman Wisata Edukasi D’Kandang yang tepat adalah dengan mengoptimalkan experiental marketing khususnya yang berkaitan dengan sensedan feel sehingga loyalitas pengunjung dapat terbentuk

Keywords


Loyalitas Pelanggan, Experiental Marketing

References


Andreani, F. (2007). Experiental marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Manajemen Pemasaran Vol 2 No 1 , 1-8.

Bisnarti, A. (2015). Pengaruh Experiental marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Digest Marketing , 50-57.

Chandra, H. (2008). Marketing untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.

Gaffar, V. (2007). Manajemen Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Greenberg, P. (2010). Costumer Relationship Management at The Speed of Light: Fourth Edition. New York: McGraw-Hill.

Griffin, J. (2005). Customer Loyality. Jakarta: Erlangga.

Hasan, A. (2010). Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alphabeta.

Kertajaya, H. (2006). Hermawan Kertajaya on Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nasution, M. (2010). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Niswatun, d. T. (2016). Pengaruh Experiental marketing dan Kualtias Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan Soto Ayam Lamongan Cak Har. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 5 No 6 , 1-15.

Putri, Y. A. (2010). Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel "X" Semarang. ASET , 191 - 195.

Rianti, O. d. (2017). Pengaruh Experiental marketing terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 6 No 8 , 1-19.

Schmitt, B. H. (1999). Experiental marketing, How to Get Costumer to Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company Brands. New York: The Free Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, A. d. (2013). Pengaruh Experiental marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Breadtalk Mall Kelapa Gading 3 Jakarta . Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis Vol 04 No 02 , 1-8.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License