Manfaat Informasi Akuntansi Dalam Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Ade Sri Mulyani

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat informasi akuntansi dalam perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah menganggap bahwa akuntansi tidak begitu penting bagi usaha mereka, mereka lebih fokus kepada pengembangan usahanya melalui pemasaran mencari supplier yang sesuai, memberikan pelayanan yang baik, tetapi tidak pernah mengetahui secara rinci alur biaya yang dikeluarkan dan masuk, dalam prakteknya selalu berjalan tanpa mengandalkan informasi keuangan yang disusun secara teratur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data berasal dari sumber data internal yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pemilik dan pengelola Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Hasil penelitian ini membandingkan teori dengan hasil wawancara dengan pemilik dan pengelola Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Informasi akuntansi mempunyai manfaat terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Manfaat yang diperoleh dari informasi akuntansi adalah untuk pengambilan keputusan, mengetahui naik turunya laba usaha, mengetahui pemasukan dan pengeluaran uang serta untuk mengetahui grafik penjualan dan produksi dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Informasi akuntansi dibutuhkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk pengawasan dalam menjalankan usaha yang sedang dijalankan.

Keywords


Informasi, Akuntansi, Manfaat, Keuangan

References


Handayani, D. 2011. Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Usaha Kecil dan Menengah : Jurnal Akuntabilitas Vol. 11, No. 01.

Ikhsan, Arfan dan Herkulanus. 2008. Teori Akuntansi dan Riset Multiparadigma. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Jafar, M. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM): Infokop Nomor 25 tahun XX.2004.

Kusrini dan Andri K. 2007. Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL server. Yogyakarta : Andi Ofset.

Pinasti, M. 2007. Pengaruh Penyelenggaraan dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi : Suatu riset eksperimen, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 10 (3).

Romney, Marshal B dan Paul J. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 9 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Rudiantoro, R. dan Siregar. 2011. Kualitas Laporan Keuangan UMKM serta Prospek Implementasi SAK ETAP : Simposium Nasional Akuntansi XVI. Aceh. 21-22 Juli.

Suwarjono. 2008. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan keuangan. Edisi Ketiga. BPFE : Yogyakarta.

UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Wahyudi, M. 2009. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah di Jogjakarta. Tesis Pasca : Universitas Diponegoro.

Wahdini, S. 2006. Persepsi Akuntan Terhadap Overload Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Bagi Usaha Kecil Dan Menengah. Denpasar : Makalah Simposium Nasional Akuntansi VIII.

Whetyningtyas, A. 2015. Analisis Pengaruh Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Kinerja Operasional UMKM : Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers 2015.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License