Pengembangan Jiwa Kewirausahaan: Studi Kasus Terhadap Mahasiswa yang Berwirausaha di Yogyakarta

Heri Maulana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali fenomena mahasiswa yang berwirausaha. Penelitian ini menggambarkan alasan mahasiswa berwirausaha, kendala apa saja yang dihadapi, jiwa kewirausahaan apa yang berkembang dan bagaimana mengembangkan jiwa kewirausahaan tersebut. Pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Responden yang digunakan adalah mahasiswa aktif yang memiliki usaha minimal sudah 2 tahun, memiliki omzet minimal 5 juta per bulan dan berperan sebagai owner yang terlibat langsung dan aktif membangun usaha. Hasil penelitian yang diperoleh melalui responden bahwa alasan mahasiswa berwirausaha adalah mendapatkan penghasilan untuk membiayai hidup dan kuliah, mengoptimalkan waktu dan membangun pemberdayaan diri dan masyarakat. Kemudian jiwa kewirausahaan yang banyak berkembang adalah kepemimpinan, kemandirianl kerja keras, kerja sama, kreatif, inovasi dan berani mengambil keputusan dan resiko.

Keywords


kewirausahaan, jiwa kewirausahaan, mahasiswa

References


Atmosoewarno, Soewito. 1999. Strategi Pembelajaran yang Berwawasan Entrepeneurship. Jurnal Manajemen pendidikan Tinggi Berwawasan Entreprenur, Yogyakarta, Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan, UGM.

Creswell, J., W. 2012. Research design Pendekatan kualitatif, Kuantitatif dan. Mixed, Cetakan ke-2. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

David, E Rye. 1996. Tools for Executif : The Vest Poket Entrepreneur. Jakarta, Prenhallindo.

Hidayah, Tamriatin. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat/Intensi Kewirausahaan Mahasiswa STIE Mandala Jember. Jurnal Relasi, Jember, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIE Jember.

Nishanta, B. 2008. Influence of Personality Traits and Socio-demographic Background of Undergraduate Student and Motivation for Entrepreneurial Career : The Case of Srilangka. Paper was presented at the Euro-Asia Management Studies Association (EAMSA) Conference, Japan.

Siswoyo, Bambang, B. 2009. Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Sudarwan, Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung, CV. Pustaka Setia.

Sumardi, K. 2007. Menakar jiwa wirausaha mahasiswa teknik mesin angkatan 2005. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, IV (10).

Suratna, Humam. 2008. Pengembangan Jiwa Kewirausahaan untuk Pengentasan Kemiskinan melalui Inkubator. Jurnal penelitian, LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta.

Tukiran & Mustar Endang Ediastuti. 1998. Dinamika Pengangguran Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Populasi, Yogyakarta, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM.

Tukiran & Mustar Endang Ediastuti. 2005. Program Aksi Penanggulangan Pengangguran di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Populasi, Yogyakarta, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM.

Yin, Robert K. 1994. Case Study Research: Design and Methods. Thousand Oaks, Sage Publications.

Zimmerer, T. W., and Scarborough, N.M., Wilson, D. 2008. Essential of Entrepreneurship and Small Business Management, 5th Ed . New Jersey, Pearson Education, Inc.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License