Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelanggan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan

Muhammad Rheza Alfin, Sahidillah Nurdin

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan usaha toko modern semakin meningkat, konsumen mulai beralih untuk membelanjakan kebutuhan sehari-hari dari pasar tradisional menjadi ke toko modern, peralihan pola konsumsi ini dipandang menarik bagi para pengusaha untuk membuka toko modern yang dianggap mampu menutupi berbagai permintaan akan kebutuhan konsumen, semakin berkembangnya usaha toko modern mengakibatkan persaingan antar toko modern semakin tinggi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran serta pengaruh store atmosphere dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis jalur. Dengan survey pada 100 responden yaitu konsumen indomaret ahmad yani 806 Bandung. Tipe penelitian yang digunakan deskriptif dan verifikatif untuk menilai gambaran dan pengaruh antar variable. Hasil penelitian menunjukan bahwa Store atmosphere berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Store atmosphere memiliki dampak secara langsung dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada Indomaret Ahmad Yani 806 Bandung. Hal ini menunjukan bahwa Ketika store atmosphere tercipta dengan baik, akan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan, dan pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan yang loyal.

 

Kata Kunci : Store atmosphere, Kepuasan pelanggan, Loyalitas pelanggan.

 

ABSTRACT

Business development modern store increase, consumers is moving away to expend daily needs from traditional market to modern store, intermediate consumption patterns are considered interesting for the entrepreneur to open modern shops are able to cover various demand for consumer needs, the development of modern shop business resulting in competition between modern store the higher.Purpose in this study is to find picture as well as the influence store atmosphere and customer satisfaction of customer loyalty. Analysis research used is the path analysis.With survey at 100 respondents, consumers indomaret ahmad yani 806 bandung. Type research used descriptive and verifikatif to assess the image and influence between variable. The results of the study showed that store atmosphere widening opportunities for customer satisfaction. Customer satisfaction having the effect on customer loyalty. Store atmosphere had an impact directly in increase customer loyalty in indomaret Ahmad Yani 806 Bandung. This showed that when store atmosphere create a good, will be able to increase customer satisfaction, and is a satisfied customer will be customers loyal.

Keyword : Store atmosphere, customer satisfaction, customer loyallity.


Keywords


Store Atmosphere, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

References


Aaker, D. (1992). The Value of Brand Equity. Journal of Business Strategy, Vol. 13 No. 4

Dharmawansyah, I. (2013). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Management Analysis Journal, Vol. 2 No. 2.

Khakim, L., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Journal of Management.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua (1 ed.). Yogyakarta: Andy.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 (13 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kurniati, D. P. (2013). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Obat Bebas Di Apotek Kimia Farma Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol.1, No.4.

Levy, M., & Weitz, B. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Listihana, W. D., Aquino, A., & Arizal. (2014). Dampak Keberadaan Minimarket Terhadap Modal Kerja Dan Pendapatanwarung Tradisional Di Kecamatan Rumbai Dan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol. 11, No. 1.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Putri, L. H., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian da Kepuasan Pelanggan (Studi pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 15 No. 2

Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Selang, C. A. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3.

Soegoto, A. S. (2013). Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal EMBA Vol.1 No.3.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup!. Yogyakarta : ANDI

Tjahjaningsih, E. (2013). Pengaruh Citra dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, Vol.28, No. 2.

Tjahyadi, R.A. (2006). Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek:Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen, Vol. 6 No 1




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v1i2.2277

Copyright (c) 2017 Muhammad Rheza Alfin, Sahidillah Nurdin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License