Efektivitas Marketing Public Relation dalam Membangun Citra Merek Perusahaan Jasa Telekomunikasi
Abstract
ABSTRAK
Persaingan di bidang telekomunikasi termasuk merek jasa pelayanannya telah berada pada tingkat internasional. Perusahaan penyedia jasa broadband Internet di Indonesia yaitu PT Smartfren Telekomunikasi harus siap menghadapi berbagai tantangan dalam pasar saat ini salah satunya adalah tingkat pendidikan masyarakat yang menjadi sasaran dan target penjualan dari produk tersebut. Strategi pemasaran marketing public relation (MPR) merupakan alternatif cara untuk memperoleh kesetiaan pelanggan khususnya melalui kegiatan yang bersifat pendidikan. Penelitian bertujuan mengukur peranan MPR dan hubunganya terhadap citra merek Smartfren, dimana berbeda dengan penelitian lainnya peranan MPR diukur berdasarkan persepsi kelompok pelanggan berpendidikan cukup baik. Signifikansi dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi bagi pengetahuan bahwa bagian kegiatan dari MPR yang efektif digunakan bagi komunitas berpendidikan yaitu publikasi. Penelitian ini dilakukan melalui metode survei. Pemilihan responden dilakukan melalui purposive sampling pada 100 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Ekonomi Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Hasil membuktikan bahwa publikasi Smartfren adalah kegiatan MPR yang memperoleh respon terbaik. Selanjutnya, telah terbukti bahwa Smartfren adalah merek CDMA yang menjadi top of mind dalam persepsi konsumen dimana kegiatan MPR memiliki peranan khusus. Penelitian ini selanjutnya dapat diaplikasikan untuk menentukan strategi pemasaran yang paling tepat bagi kelompok masyarakat dengan pendidikan yang cukup baik.
Kata kunci: Marketing Public Relation (MPR), citra merek, persepsi konsumen
ABSTRACT
Competition in telecommunications field keep increasing today including all its brands at international level. PT Telekomunikasi Smartfren, a broadband Internet service provider in Indonesia must be prepared to face the challenges of recently market which is education level of the community target. Marketing public relations (MPR) as marketing strategy is an alternative way to gain customer loyalty, especially through educational activities. The study aimed to find an empirical relationship between MPR and brand image of Smartfren within specific target responden from well-educated community. The significance of this study is contributing the knowledge that an effective way of marketing public relation that can retain educated customers by giving interested publications. This study was conducted through survey method. Sample size of respondents for research selected through purposive sampling constitutes from 100 respondents and these respondents were students from Faculty of Economics at Ibnu Khaldun Bogor University. The results revealed that the publication activities of Smartfren obtain the best response. Furthermore, it has been proven that Smartfren CDMA is a top of mind brand in the perception of consumers affected by the activities of MPR. This study can be applied to next research in determining successful strategy for educated community.
Keywords: Marketing Public Relations (MPR), brand image, consumer perceptionsKeywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aaker, D. (1991). Managing brand equity: capitalyzing on the value of a brand name. New York: The Free Press.
Anggoro, M. (2002). Teori dan profesi kehumasan serta aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Ardianto, E. (2009). Public Relations: Suatu Pendekatan. Jakarta: Pustaka Bani Quraisy.
Arens, W. F. (2002). Contemporary advertising. New York: The McGraw-Hil Companies, Inc.
Astuti, U. (2011). Strategi public relations dalam mendukung pemasaran di LPK ALFABANK Surakarta tahun 2010-2011. http:eprints.uns.ac.id.
Dick, A., & Basu, K. (1994). Customer loyalty: Toward an integrated conceptual framework. Journal of the Academy of Marketing Science Vol 22, 99-113.
Harris, T. L. (1993). The Marketers’ Guide to Public Relations. New York: John Wiley&Sons, Inc.
Huramah, S. M. (2008). Analsisis Pengaruh Public Relation Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Salak Bogor. Diambil kembali dari https://core.ac.uk/download/pdf/3252711.pdf.
Kasali, R. (2003). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Grafiti.
Keller, K. L. (1993). Conseptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equality. Journal of Marketing, p.1-22. Doi:10.2307/1252054.
Mardigal, R. (2001). Social identity effects in a belief-attitude-intentions hierarchy: implications for corporate sponsorship . Psychology & Marketing, Vol. 18 No. 2, pp. 145-65.
Mediyanti, N. (2004). Analisis Strartegi Promosi Antv Dalam Kaitannya Dengan Brand Image Perusahaan (Hasil Kegiatan Magang Pada PT.Cakrawala Andalas Televisi). Diambil kembali dari Institut Pertanian Bogor: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/20577
Moore, H. F. (2004). Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Putra, K. D. (2008). Strategi public relations pariwisata Bali. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 5, No. 1.
Ruslan, R. (2003). Manajemen public relations & media komunikasi konsepsi dan aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Study, N. (2009, March 09). Text 100 Global Public Relations Current News. Diambil kembali dari http://www.text100.com/en/media/press-releases/new-study-shows-public-relations-more-powerful-advertising-building-brand-value/aedhmar-hynes
Sugiyono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfhabeta Bandung.
Suyanto, M. (2009). Strategi Membangun Merek. Diambil kembali dari http://www.msuyanto.com.
Wasesa, S. A. (2005). Strategi Public Relations. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v1i1.1565
Copyright (c) 2017 Fatimah Abdillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932
-----------------------
Indexed by:
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License