Pengaruh Live Video Streaming Tiktok, Potongan Harga, dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian

Intan Febriah, Mohamad Trio Febriyantoro

Abstract


This research is motivated by the trend of Tiktok during the COVID-19 pandemic. This trend can be used to overcome economic problems due to declining public purchasing power. The purpose of this study was to determine the effect of live video streaming on Tiktok, discounted prices, and free shipping on online purchasing decisions. The population of this study is Skintific product users in DKI Jakarta who buy products on the Tiktok live platform. The sampling method used was purposive sampling. The samples obtained were 114 respondents. Based on the results of this study it was found that Tiktok live video streaming and free shipping have a positive and significant effect on purchasing decisions. Meanwhile, price discounts have no effect on purchasing decisions. The results of this study can be used by related sellers as a consideration for increasing sales through increasing consumer purchasing decisions.


Keyworddiscounted prices, free shipping, purchasing decisions, Tiktok live video streaming


Keywords


Tiktok live video streaming, discounted prices, free shipping, purchasing decisions

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2018). Live Video Streaming Sebagai Bentuk Perkembangan Fitur Media Sosial. Jurnal Media Dan Komunikasi.

Ardiansyah, & Nurdin, H. (2020). Pengaruh Diskon Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Online Shop Shopee (Study Kasus Pada Mahasiswa STIE Bima). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI), 5(2).

Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 10(2), 2301–9271.

Badan Pusat Statistik. (2022). Persentase Rumah Tangga yang Pernah Mengakses Internet dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Provinsi dan Klasifikasi Daerah 2019-2021.

Creswell, J. W. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Pustaka Pelajar.

Endarwati, E. T., & Ekawarti, Y. (2021). Efektifitas Penggunaan Sosial Media Tik Tok Sebagai Media Promosi Ditinjau Dari Perspektif Buying Behaviors. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 4(1).

Faradiba, B., & Syarifuddin, M. (2021). Covid-19: Pengaruh Live Streaming Video Promotion Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Buying Purchasing. Economos :Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1).

Febriyantoro, M. T., Harris, I., Sundiman, D., Pradana, M. R., & Lestari, E. (2019). Pelatihan Kewirausahaan dan Peningkatan Kualitas Manajemen dan Tata Kelola Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Lingkungan PKK Tiban Global Batam. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5981

Haimson, & Tang. (2017). What Live, makes live events engaging on Facebook Periscope, and Snapchat. Proceedings of the 2017 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 48–60.

Hasanah, A., & Kosasih. (2022). NoPengaruh Online Customer Review dan Promosi Menggunakan Aplikasi Titok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Implora Pada Marketplace Shopee Title. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 103–114.

Heriyanto. (2021). Pengaruh Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(1), 1–14.

Kotler, & Keller. (2014). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Lestari, G. D., & Parjono. (2018). Pengaruh Potongan Harga Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Pulorejo Kota Mojokerto. Jurnal Ekonomi Bisnis Unesa.

Martha, M., & Febriyantoro, M. T. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Produk Kosmetik Ramah Lingkungan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 3(2), 218–227. https://doi.org/10.31311/jeco.v3i2.6117

Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019a). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2).

Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019b). Keputusan, nalisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2).

Mira, I., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.

Nainggolan, N., & Parinduri, T. (2021). Pengaruh Potongan Harga Dan Bonus Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Minimarket Indomaret Serbelawan. Manajemen : Jurnal Ekonomi USI, 2(1).

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita: Ekonomi, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Netrawati, I. G. A. O., Nuada, I. wayan, & Syakbani, B. (2022). The Influence of Live Streaming Video on Consumer Decisions. SENTRALISASI, 11(2).

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi dengan Memanfaatkan Media Sosial TikTok dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada TN Official Store). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 6(1), 21–34.

Prabarini, A., Heryanto, B., & Astutik, P. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toserba Borobudur Kediri (Studi Kasus Produk Kecantikan Wardah). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2).

Prastiwi, E., Djumali, & Widayanti, R. (2019). Analisis Standar Mutu, Diskon Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Buku Pendamping Maestro (Studi Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Wonogiri). Edunomika, 3(1).

Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Study Pada Konsumen Yang Membeli Produk Diskon Di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(2).

Romla, S., & Ratnawati, A. (2018). Keputusan Pembelian E-Commerce Melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web. Ekobis, 19(1), 59–70.

Sari, E. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas HKBP Nommensen Medan). Universitas HKBP Nommensen Medan.

Sari, F. P. (2021). Pengaruh Online Costumer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Online di E-Commerce pada Mahasiswa UMSU. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Tusanputri, A. V., & Amron. (2021). Pengaruh Iklan Dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-Commerce Tiktok Shop. FORUM EKONOMI, 23(4), 632–639.




DOI: https://doi.org/10.31294/eco.v7i2.15214

Copyright (c) 2023 Intan Febriah, Mohamad Trio Febriyantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License