Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap

Karina Indah Rohmatun, Citra Kusuma Dewi

Sari


ABSTRAK

Perkembangan industri kosmetik Indonesia telah tumbuh begitu pesat. Sebagai negara dengan populasi kaum Muslim terbesar, seyogyanya masyarakat dalam menggunakan produk kosmetik memperhatikan kehalalannya. Kesadaran masyarakat tentang tingkat keamanan kosmetika yang digunakan sudah meningkat seiring dengan munculnya berbagai kasus dampak penggunaan bahan berbahaya dalam kosmetik. Akan tetapi, kesadaran masyarakat muslim untuk memperhatikan kehalalan kosmetik tersebut masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan, religiusitas dan sikap  terhadap niat beli remaja muslim Indonesia pada produk kosmetik halal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dimana data yang didapatkan melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Kuesioner dibagikan kepada 400 responden remaja muslim Indonesia yang berusia 17-25 tahun yang menggunakan produk kosmetik halal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap sikap secara parsial maupun simultan. Pengetahuan, religiusitas dan sikap berpengaruh signifikan terhadap niat beli produk kosmetik halal secara parsial maupun simultan. 

Kata Kunci : Pengetahuan, Religiusitas, Sikap, Niat Beli, Kosmetik Halal

 

 

ABSTRACT

The development of Indonesian cosmetic industry has grown so rapidly. As a country with the largest population of Moeslems, people should pay attention in using cosmetic products halal. Public awareness about the level of security used cosmetics has increased with the emergence of various cases the impact of use of hazardous substances in cosmetics. However, awareness of the Muslim community to pay attention to the halal cosmetics is still low. The purpose of this study was to determine how much influence the knowledge, religiosity and attitudes towards purchase intention Indonesian Muslim teenager in halal cosmetic products. The method used in this research is quantitative descriptive, where data obtained through questionnaires. The sampling technique in this research is purposive sampling. Questionnaires were distributed to 400 respondents Indonesian Muslim teenagers aged 17-25 years who use halal cosmetic products. Data analysis technique used is path analysis. The results of this study showed that the knowledge and religiosity have significant effect on attitudes both  partially  and simultaneously. Knowledge,religiosity and attitude have significant influence to  purchase intentionof  halal cosmetic product sboth partially and simultaneously.

Keywords: Knowledge, Religiosity, Attitude, Purchase Intention, Halal Cosmetic

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abd Rahman, A., Asrarhaghighi, E., & Ab Rahman, S. (2015). Consumers and Halal cosmetic products: knowledge, religiosity, attitude and intention. Journal of Islamic Marketing, 6(1), 148–163.

Akhmad, Chairul.(2016). Sertifikasi Halal Produk Kosmetik Masih Stagnan.[ Online]. Available at : http://www.varia.id/2015/05/21/sertifikasi-halal-produk-kosmetik-masih-stagnan/#ixzz4RutMu0sp [diakses 30 November 2016]

Anggelina, J., & Japarianto, E. (2014). Analisis Pengaruh Sikap, Subjective Norm dan Perceived Behavioral Control terhadapa Purchase Intention Pelanggan Sogo Department Store di Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–7.

Anoraga, Pandji.(2010). Manajemen Bisnis.Jakarta : PT. Rineka Cipta

Buchory, H. A., & Saladin, D. (2010). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda 104

Jalaluddin. 2010. Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Pers.

Karim, M. A. (2013). Perilaku Komunitas Muslim Perkotaan Dalam Mengonsumsi Produk Halal. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2012). Principle of Marketing, Global Edition, 14th Edition. USA: Pearson Education Limited.

Kusuma, I. D., & Untarini, N. (2014). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Niat Beli Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen, 2.

Ma, Y. (2005). The Role of Consumer Pengetahuan in Consumer Evaluations of Brand Extension Yun Ma A thesis submitted to Auckland University of Technology in partial fulfilment of the degree of Master of Business. Brand. University of Technology in partial fulfilment of the degree of Master of Business.

Madden, T.J., Ellen, P.S., Azjen, I. (1992). A comparison of the Theory of Planned Behavior and the Theory of Reasoned Action. Personality and Social Psychology Bulletin, 18(1), 3–9.

Majid, M. B., Sabir, I., & Ashraf, T. (2015). Consumer Purchase Intention towards Halal Cosmetics & Personal Care Products in Pakistan. Global Journal of Research in Business & Management 1(1), 45–53.

Mukhtar, A., & Butt, M. M. (2012). Intention to choose Halal products: the role of religiosity. Journal of Islamic Marketing, 3(2), 108–120.

PT. Citra Cendikia Indonesia.(2016). Perkembangan Pasar Industri Kosmetik di Indonesia, 2010-2015. [Online]. Available at : http://cci-indonesia.com/2016/06/17/perkembangan-pasar-industri-kosmetik-di-indonesia-2010-2015/ [diakses pada tanggal 30 november 2016]

Putit, L., & Johan, Z. J. (2015). Consumers ‟ Acceptance of „ Halal ‟ Credit Card Services : An Empirical Analysis. Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 3(1), 1–9.

Rochmanto, B. Al. (2014). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma Religius Terhadap Sikap Konsumen Dalam Niat Mengkonsumsi Produk Makanan dan Minuman Halal (Studi Kasus di Kota Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Rois, E. L. H. (2016). Pengaruh Religiusitas, Norma Subyektif Dan Perceived Behavioral. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta.

Sadzalia, S. (2015). Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di kota malang.Sripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Tranggono, R.I., &Latifah,F.(2007).Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Utami, Wahyu Budi. (2013). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membeli (Survei pada Pembeli Produk Kosmetik Wardah di Outlet Wardah Griya Muslim An-nisa Yogjakarta). Skripsi. Yogjakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga

Zuraya, Nidia.(2016). Kesadaran Masyarakat Indonesia Mengonsumsi Produk Halal Masih Rendah. [Online]. Available at : http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/16/02/16/o2m324383-kesadaran-masyarakat-indonesia-mengkonsumsi-produk-halal-masih-rendah [diakses pada tanggal 30 November 2016]




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v1i1.1420

##submission.license.cc.by4.footer##

ISSN: 2549-8932

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License