Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perusahaan Properti dan Real Estate di BEI

Eva - Sriwiyanti, Elfina O.P. Damanik, Sri - Martina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Beberapa penelitian sebelumnya mengenai kinerja keuangan yang berbeda. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lain untuk menguji kembali teori kinerja keuangan.

         Populasi penelitian adalah 52 perusahaan property dan real estate. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh 29 perusahaan sampel selama 5 tahun pengamatan (2016-2020) dengan 145 pengamatan. Data penelitian diperoleh dari sampel perusahaan yang dapat diunduh dari website Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Proses analisis data yang dilakukan pertama adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda kemudian uji hipotesis.

         Secara simultan struktur modal, ukuran perusahaan, total assets turnover berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Secara parsial menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Ukuran perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja keuangan. Total asset turnover berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan.


Keywords


Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Perputaran Total Aset, Kinerja Keuangan

References


Dewi, A. S. M. dan A. W. (2013) ‘Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan’, E- Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 4(2): 514-530.

Fajaryani, N. L. G. S. and Suryani, E. (2018) ‘Struktur Modal, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan’, Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 10(2), pp. 74–79.

Hartoyo, H. (2018) ‘Hubungan Current Ratio, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2016’, Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 8(1), pp. 81–97.

Irham, F. (2014) ‘Manajemen keuangan perusahaan dan pasar modal’.

Kusumajaya, D. K. O. (2011) ‘Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia’, Universitas Udayana, Denpasar: Tesis yang Tidak Dipublikasikan.

Lestari, P. (2020) ‘Pengaruh Likuiditas, DER, FIRM SIZE, Dan Asset Turnover Terhadap Kinerja Keuangan’, Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), pp. 1–10.

Rahayu, D. P. (2019) ‘Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2017’, Jakk ( Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Kontemporer ) Volume 2 no. 1.




DOI: https://doi.org/10.31294/eco.v5i2.11179

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License