PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA BANK TABUNGAN NEGARA DI BANDUNG

Rian Andriani

Abstract


Abstract - A conducive organizational culture can create job satisfaction, work ethic, and employee job motivation. Recently, an organizational success depends on the combination of effective leadership competence and competence of its employee. The purpose of this study is to know how the description, the impact, the correlation and how far the level of concordance between organizational cultural, competence, and employee’s job satisfaction at Bank BTN Bandung. The population of this study is the whole of Bank BTN in Bandung employee amount of 75 people. Sampling technique used is purposive sampling with sample amount of 50 people. The type of this study is verification descriptive research. Statistic instrument used is regression analysis and multiple correlations. The study result showed that organizational culture, competence and employee’s job satisfaction at Bank BTN in Bandung were on middle category. Based on analysis result, the hypothesis of this study was accepted; which was organizational culture and competence influenced employee’s job satisfaction.

Keywords: Organizational Culture, Competence and Employee’s Job Satisfaction, Linier Regression Analysis and Correlation.

 

 

Abstrak - Budaya organisasi yang kondusif dapat menciptakan kepuasan kerja, etos kerja, dan motivasi kerja karyawan. Kesuksesan suatu organisasi saat ini dan mendatang tergantung pada kombinasi kompetensi kepemimpinan yang efektif dan kompetensi tenaga kerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran, pengaruh, hubungan dan sejauhmana tingkat kesesuaian antara budaya organisasi, kompetensi dan kepuasan kerja karyawan di Bank BTN di Bandung. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank BTN Bandung yang berjumlah 75 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling  dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif verifikatif. Instrumen statistik yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya organisasi, kompetensi dan kepuasan kerja karyawan pada Bank BTN di Bandung berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisa, hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu budaya organisasi dan kompetensi mempengaruhi kepuasan kerja karyawan.

 

Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kompetensi dan Kepuasan Kerja Karyawan, Analisa Regresi Linier dan Korelasi


References


Anatan, Lina. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis Modern. Bandung : Alfabeta

Anoraga, Pandji. (2005). Psikologi Kerja. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta

Dessler, Gary (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid II. Jakarta : PT Indeks

Fathoni, Abdurrahmat (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta

Gibson (1996). Organisasi Edisi Ke Delapan. Jakarta : Binarupa Aksara

Hariandja, Marihot. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Grasindo

Hasibuan, Malayu. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Indrawijaya, Adam. (2000). Perilaku Organisasi. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Mangkunegara, Anwar. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya

McKenna, Eugene. (2000). The Essence of Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi

Ndraha, Taliziduhu. (2005). Teori Budaya Organisasi. Jakarta : Rineka Cipta

Riduwan, (2005). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta

Rivai, Veithzal. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta : Rajawali

Robbins, Stephen. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta : PT Indeks Gramedia

Robbins, Stephen. (1994). Teori Organisasi : Struktur, Desain dan Aplikasi. Jakarta : Arcan

Sastradipoera, Komaruddin. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Kappa-Sigma

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : CV Mandar Maju

Solihin, Ismail. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta : Erlangga

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta : CV Andi

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sumantri, Suryana (2001). Perilaku Organisasi. Bandung : Universitas Padjajaran

Suwarto (2009). Budaya Organisasi : Kajian Konsep dan Implementasi. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya

Umar Husein (2005). Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta : Gramedia

Wibisono, Dermawan. (2006). Manajemen Kinerja. Jakarta : Erlangga

Wirawan (2007). Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta : Salemba Empat

Yuniarsih, Tjutju (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.100

Copyright (c) 2016 Rian Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License