Pengaruh Awareness, Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Indomie Kota Tangsel

Roby Irzal Maulana

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan bagaimana peran pemediasian brand awareness pada pengaruh daya tarik iklan terhadap brand attitude mi instan Indomie di Kota Tangerang Selatan. Populasi yang digunakan merupakan konsumen Indomie di Kota Tangerang Selatan Banten. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling berjumlah 200 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik analasis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik iklan dan brand awareness masing-masing berpengaruh positif secara signifikan terhadap brand attitude serta adanya peran mediasi dari brand awareness yang memperkuat hubungan daya tarik iklan dan brand attitude.Disarankan bagi manajemen Indomie untuk lebih memperkuat daya tarik dalam iklannya sehingga sikap positif konsumen terhadap merek Indomie dapat dipertahankan melalui tingkat kesadaran merek yang tinggi.

Keywords


daya tarik iklan, brand awareness, brand attitude.

References


Ahmad, W., dan Mahmood, Z. (2011). An Empirical Investigation of the Association between Creative Advertising and Advertising Effectiveness in Pakistan. Bahria University Islamabad, Pakistan, 3 (2): 32-52.

Aziz, S., Ghani, U., dan Niazi, A. (2013). Impact of Celebrity Credibility on Advertising Effectiveness. Pakistan Journal of Commerce dan Social Sciences 2013, 7(1): 107-127.

Bulbul, C., dan Menon, G. (2010). The Power of Emotional Appeals in Advertising: The Influence of Concrete Versus Abstract Affect on Time-Dependent Decisions. Journal of Advertising Research. 10(1): 169-180.

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Implementasi untuk UMKM. Jurnal NeO-Bis, 8(2): 176-189

Clark, C.R., Doraszelski, U., dan Draganska, M. (2009). The Effect of Advertising on Brand Awareness and Perceived Quality: An Empirical Investigation Using Panel Data. Quant Mark Econ, 7(2): 207-236.

Deog K. K., dan Minjung K. (2016). Influence of Brand Awareness and Brand Attitude on Purchase Intention. Journal of Marketing Thought, 3(1): 16-26.

Durianto, D., Sugiarto., dan Anton, W. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif: Strategi, Program dan Teknik Pengukuran. Jakarta: Gramedia.

Effendy, O. U. (2009). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Feiz, D., Fakharyan M., Jalilvand, R. M., Hashemi, M. (2013). Examining the Effect of TV Advertising Appeals on Brand Attitude and Advertising Efforts in Iran. Journal of Islamic Marketing, 4(1): 101-125.

Grigaliunaite, V., dan Pileliene, L. (2016). Emotional or Rational? The Determination of the Influence of Advertising Appeal on Advertising Effectiveness. Scientific Annals of Economics and Business, 63 (3): 391-414.

Gunawan, A. F., dan Dharmayanti, D. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisi dan Endorser terhadap Purchase Intention Pond’s Men dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1): 1-14.

Hartiningtiya, A., dan Assegaff, M. (2010). Analisis Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. EKOBIS Jurnal. 11(2): 500-507.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Hertanto, Y. C. (2013). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, dan Brand Loyalty terhadap Brand Attitude melalui Efektifitas Iklan Shampo L’oreal Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 2(4): 1-5.

Hsin, K.C., Ren, H.Y., dan Ting, Y.Y. (2009). The Impact of Brand Awareness on Consumer Purchase Intention: The Mediating Effect of Perceived Quality dan Brand Loyalty. The Journal of International Management Studies, 4(1): 135-144.

Hsu, Yi, dan Hsu, Yi-Ting (2008). The Influence of Brand Awareness and Experential Quality: Taking Manufacturer Brands and Private Labels as Examples. International Jurnal of Business and Commerce, 4(6): 84-98.

Jung-Chae S., dan Youjae Yi. (2006). When Brand Attitudes Affect the Customer Satisfaction-Loyalty Relation: The Moderating Role of Product Involvement. Journal of Consumer Psychology, 16(2): 145–155.

Jung, N. Y., dan Seock Y. K., (2016). The Impact of Corporate Reputation on Brand Attitude and Purchase Intention. Jung and Seock Fash Text Springer, 3(20): 1-15.

Kartika, A. S. dan Kusuma, A. (2016). Peran Efektivitas Iklan dalam Memediasi Daya Tarik Iklan terhadap Brand Attitude pada Iklan Merek Aqua (Studi pada Konsumen Aqua) di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1):176-206.

Kennedy, J. E. dan Soemanegara, R. D. (2009). Marketing Communication: Taktik dan Strategi, Cetakan ke-3. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Khan, A. A., Jadoon, S., dan Tareen, N. A. K., (2016). Impact of Advertising on Brand Awareness and Commitment in Female Apparel Industry. International Journal of Academic Research in Business and Science, 6(3): 79 – 94.

Khuong, M. N., Hoa, N. V. A., dan Nguyen, T. D. (2016). The Effect of Television Commercials on Customers’ Loyalty A Mediation Analisys on Brand Awareness. International Journal of Trade Economics and Finance. 7(2): 18-24.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 14. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, D. (2009). Studi tentang Sikap terhadap Merek dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang (Kasus pada Mi Instan Indomie di Kota Semarang). Tesis. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro.

Lin, Long-Yi. (2011). The Impact of Advertising Appeals and Advertising Spokespersons an Advertising Attitudes and Purchase Intentions. African Journal of Business Management, 5(21): 8446-8457.

Macdonald, E., dan Sharp, B. (2000). Brand Awareness Effects on Consumer Decision Making for a Common, Repeat Purchase Product: A Replication. Journal of Business Research, 48(1): 5–15.

Marhadi., Sulistyowati, L., dan Nursanti, A. (2014). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan, Daya Tarik Iklan dan Kredibilitas Endorser terhadap Brand Attitude pada Produk Handphone Android di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 22(1): 1-19.

Mugiono, K., dan Mudiantono. (2012). Analisis Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser dan Daya Tarik Iklan terhadap Brand Awareness dan Dampaknya terhadap Brand attitude Sabun Mandi Lifebuoy di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 1(2): 366-374.

Muharam, A. S., dan Sofian, S. (2011). Analisis Pengaruh Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan terhadap Brand Awareness dan Dampaknya pada Minat Beli Konsumen (Studi pada Konsumen Susu Kental Manis Frisian Flag di Kota Semarang). Thesis. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponogoro.

Nasution, R.P., Sulistyowati, L., dan Marhadi. (2014). Analisis Pengaruh Kreatifitas Iklan, Daya Tarik Iklan dan Kredibilitas Endorser terhadap Brand Attitude pada Produk Nokia Asha di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi Universitas Riau, 1(1): 1-15.

Ndlela, T., dan Chuchu, T. (2016). Celebrity Endorsement Advertising: Brand Awareness, Brand Recall, Brand Loyalty, as Antecedence of South African Young Consumers’ Purchase Behaviour. Journal of Economics and Behavioral Studies, 8 (2): 79-90.

Nwankwo, B.E., Aboh, J.U., Obi, T.C., Agu, S.A., dan Syney-Agbor, (2013). N.Influence of Advertising Appeals dan Personality on Telecoms Consumption Preferences in Nigeria. International Journal of Academic Research in Business dan Social Sciences, 3(9): 229-237.

Nugroho, S. A. (2013). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kekuatan Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness dan Dampaknya terhadap Brand Attitude Handphone Nokia (Studi Kasus pada Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal of Management, 2(3): 1-11.

Park, W.C., Maclnnis, D.J., Priester, J., Eisingerich B., dan Lacobucci, D. (2010). Brand Attachment and Brand Attitude Strength: Conceptual and Empirical Differentiation of Two Critical Brand Equity Drivers. Journal of Marketing, 74(1): 1-17.




Copyright (c) 2018 Roby Irzal Maulana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

 
 
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License