Pemanfaatan Webinar Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-2019 (Studi Kasus Webinar BSI Digination "How To Be A Youtuber And An Entrepreneur")

Venessa Agusta Gogali, Muhammad Tsabit, Fauzi Syarief

Abstract


Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia sampai waktu yang tidak dapat prediksikan membuat sebagian aktifitas masyarakat berubah. Dunia Pendidikan khususnya perguruan tinggi di Indonesia  memaksakan para mahasiswa untuk melakukan pembelajaran secara daring dirumah dan juga aktifitas lainnya seperti seminar. Di era revolusi industri 4.0 yang serba digital merupakan hal yang perlu dipahami dan diimplementasikan. trend saat ini dalam penyampaian  pesan informasi dan pembelajaran kini memanfaatkan media komunikasi berbasis internet melalui Web-based Seminar atau yang lebih dikenal dengan Webinar dengan penggunaan webinar ini juga menjadi salah satu metode komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien disaat pandemic Covid-2019. Penggunaan webinar menjadi salah satu media komunikasi pemasaran yang tepat bagi perguruan tinggi sebagai media yang mudah menjangkau khalayak banyak salah satunya Universitas Bina Sarana Informatika yang memanfaatkan kemajuan teknologi ini dilaka pandemi Covid-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun yang dimaksud dengan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistic, Jenis penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif.

 

Kata Kunci : Webinar, Pemasaran Komunikasi, Covid-2019


Full Text:

PDF

References


Burgon, & Huffner. (2002). Human Communication. london: Sage Publication.

Hastjarjo, S. (2011). New Media Teori dan Aplikasi. Surakarta: Lindu Pustaka.

Kotler, & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanang Durahman, Z. M. N. (2019). Aplikasi Seminar Online (Webinar) Untuk Pembinaan Wirausaha Baru. Jurnal Manajemen Informatika, 6(2), 111–120.

Prisgunanto, I. (2006). Komunikasi Pemasaran Strategi dan Takik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suranto. (2005). Komunikasi Perkantoran; Prinsip Komunikasi untuk Meningkatkan Kinerja Perkantoran (1st ed.). Yogyakarta: Media Wacana.

Tamime, A. (2019). WEBINAR SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN KLASIKAL SEKOLAH UNTUK PENDIDIKAN SEKSUAL BERBASIS ONLINE (Meta Analisis Pedagogi Online). Jurnal Bimbingan Konseling FKIP UNSIYAH, 8(5), 55.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v20i2.9211

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License