Strategi Kampanye Humas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Sebagai Bentuk Preventif Terhadap Penyebaran Covid 19

Devy Putri Kussanti, Susilowati -, Lymbarski Caesariano, Faqihar Risyan, Dhefine Armelsa

Abstract


From a communication or public relations perspective, campaign design is an important component of public relations activities. An official engaged in the service sector is obliged to think about the comfort, serenity and tranquility of the community. The relationship between the agency and the community must always be well maintained so that it is mutually beneficial and can move forward together to achieve a harmonious vision and mission to create a positive image. It is the Bekasi City fire department that carries out the Government's Public Relations strategy and program for the community, namely by providing campaign activities regarding Covid-19 which is currently rampant. By providing information and understanding about what Covid-19 is, how to anticipate and prevent it, the fire department has carried out its duties and responsibilities as a public or community servant. Not only that, campaign activities were also accompanied by the spraying of disinfectants for free for people indicated to be in the red zone.

Keywords: Public Relations Strategy and Program, and Government Public Relations.

Dari perspektif komunikasi atau hubungan masyarakat, perancangan kampanye merupakan salah satu komponen penting dalam aktifitas kehumasan. Suatu kedinasan yang bergerak dibidang pelayanan diwajibkan memikirkan kenyamanan, ketenangan, dan ketentraman masyarakat. Hubungan antara dinas dan masyarakat harus selalu dijaga dengan baik agar saling menguntungkan serta bisa maju bersama-sama mencapai visi dan misi yang selaras untuk menciptakan citra positif. Adalah dinas pemadam kebakaran Kota Bekasi yang menjalankan strategi dan program Humas Pemerintah bagi masyarakat yakni dengan memberikan kegiatan kampanye yang berkenaan dengan Covid-19 yang sedang merajalela saat ini. Dengan memberikan informasi dan pemahaman mengenai apa itu Covid-19, bagaimana cara mengantisipasinya serta mencegahnya maka dinas pemadam kebakaran telah menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pelayan publik atau masyarakat. Tidak hanya itu saja, kegiatan kampanye juga diiringi dengan penyemprotan disinfektan secara gratis bagi masyarakat yang terindikasi berada diwilayah zona merah.

Kata Kunci: Strategi dan Program Humas, serta Humas Pemerintah

 


Full Text:

PDF

References


Apryanti, M. (2013). PELAKSANAAN FUNGSI PUBLIC RELATIONS OLEH BINAMITRA DI KANTOR POLSEKTA SAMARINDA ULU. E-Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4), 235–250.

Butterick, Keith, 2012, Pengantar Public Relations Teori dan Praktek, PT Raja Grafindo Jakarta.

Mukarom, Zaenal. 2015. Manajemen pelayanan Publik. Bandung: Pustaka setia.

Ruslan, Rosady. 2010. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Widjaja, H. A W. 2010. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

sippa.ciptakarya.pu.go.id

http://sippa.ciptakarya.pu.go.id/sippa_online/ws_file/dokumen/rpi2jm/DOCRPIJM_08cc4c6f34_BAB%20VIBAB%20VI.pdf




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v20i2.8841

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License