PENGARUH PROGRAM KOMPENSASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN MAMA’S GERMAN RESTAURANT
Abstract
Abstrak - Pariwisata adalah hal yang sangat penting bagi perekonomian di Indonesia.Salah satu bidang pariwisata yang sedang populer adalah wisata kuliner. Salah satu tujuan wisata kuliner yang sering dikunjungi wisatawan adalah restoran. Restoran adalah perusahaan yang menghasilkan produk dan jasa yang akan diberikan kepada konsumennya. Semua produk dan jasa itu dilakukan dan diberikan oleh pelayan secara langsung kepada konsumennya sehingga restoran membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak untuk menjalankan perusahaannya. Salah satu contoh restoran di Jakarta yang terkenal adalah Mama’s German Restaurant yang terletak di Lippo Mall Puri, salah satu mall yang sangat ramai pengunjung. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan elemen terpenting didalam suatu organisasi maupun perusahaan karena semua kegiatan di dalam organisasi dijalankan dan dikerjakan oleh manusia sehingga sumber daya manusia ini perlu diatur sedemikian rupa agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai organisasi melalui manajemen sumber daya manusia. Setiap manusia tentu memiliki sifat dan perasaan yang berbeda, hal ini merupakan salah satu tantangan dalam menjalankan manajemen sumber daya manusia. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengelola sumber daya manusia adalah dengan menerapkan program kompensasi. Program kompensasi akan menarik maupun mempertahankan sumber daya manusia (karyawan) yang berkualitas dalam organisasi. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tentang pengaruh program kompensasi terhadap loyalitas karyawan Mama’s German Restaurant. Teknik pengumpulan data menggunakan googleform. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan partial least square, model structural, Alat analisis data yang digunakan adalah smart pls versi 3.0. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari kuesioner, penulis dapat menyimpulkan bahwa program kompensasi mempengaruhi loyalitas karyawan. Jadi, Mama’s German Restaurant telah melakukan program kompensasi dengan baik yang membuat loyalitas karyawan meningkat.
Keywords: Loyalitas Karyawan, Program Kompensasi
Abstract - - Tourism is very important for the economy in Indonesia.. One area of tourism that is currently popular is culinary tourism. One culinary destination that is often visited by tourists is a restaurant. Restaurant is a company that produces products and services that will be provided to consumers. All products and services are carried out and provided by the waiter directly to consumers so that the restaurant requires considerable human resources to run the company. One example of a famous restaurant in Jakarta is Mama’s German Restaurant, located in Lippo Mall Puri, one of the mall which is very crowded. Human Resources (HR) is the most important element in an organization or company because all activities in the organization are carried out and carried out by humans so that these human resources need to be arranged in such a way as to be able to work in accordance with the goals and values of the organization through human resource management . Every human being has different characteristics and feelings, this is one of the challenges in carrying out human resource management. One of the activities carried out to manage human resources is to implement a compensation program. Compensation programs will attract and maintain quality human resources (employees) in the organization. Therefore, researchers conducted research on the effect of compensation programs on employee loyalty in Mama’s German Restaurant. Data collection techniques using Googleform. The data analysis technique used is partial least square, structural model, the data analysis tool used is smart pls version 3.0. Based on the results obtained from the questionnaire, the author can conclude that the compensation program affects employee loyalty. So, Mama’s German Restaurant has done a good compensation program that makes employee loyalty increase.
Keywords: Employee Loyalty, Compensation Program
Full Text:
PDFReferences
Adisti, F., & Musadieq, M. (2017). Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja dan Loyalitas (Studi pada Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk Cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(1), 160–167.
Dessler, G. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Pelatihan dan Pengembangan. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827
Hair, Joseph F., Black, W.C, Babin, B.J & Anderson , R, E. (2014). Multivariate Data Analysis Pearson Education Limited. Harlow. England (7th Editio). Pearson Education Limited. Harlow. England.
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. In European Business Review. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128
Handoko, T. H. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.
Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara.
Heryati, A. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Beban Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Di Departemen Operasi Pt. Pupuk Sriwidjaja Palembang. Jurnal Ecoment Global, 1(2), 56. https://doi.org/10.35908/jeg.v1i2.204
Khumaedi, E. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Loyalitas Perawat Bagian Anak Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang. Ilmu Ekonomi Dan Sosial.
Kuniansah, K. dalam. (2018). Sejarah Pariwisata. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Latan, H., & Noonan, R. (2017). Partial least squares path modeling: Basic concepts, methodological issues and applications. In Partial Least Squares Path Modeling: Basic Concepts, Methodological Issues and Applications. https://doi.org/10.1007/978-3-319-64069-3
Lazuardi, D. (2016). Pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Non Finansial terhadap Loyalitas Karyawan Koperasi Arta Anugrah Jaya Mojokerto.
Mangkuprawira, S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (Edisi Kedu). Ghalia.
Purba, B. K. (2011). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Study Kasus Pt.Capella Dinamik Nusantara Cab. Kandis. Jom Fisip Universitas Riau, 1–12.
Safitri, R. (2015). Pengaruh Kompensasi Terhadap Loyalitas Karyawan Pt. Putera Lautan Kumala Lines Samarinda. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis EJournal Administrasi Bisnis, 3(3), 650–660. http://www.e-jurnal.com/2017/02/pengaruh-kompensasi-terhadap-loyalitas.html
Wicaksono, Pambudi, E. (2013). Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.
DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v20i2.8197
ISSN: 2579-3314