Pengaruh Desain Interior Terhadap Minat Pengunjung Di Restoran The Garden Pantai Indah Kapuk

Juliana Juliana, Agatha Nirmala, Felicia Felicia

Abstract


Lingkungan yang mampu membentuk rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan pada diri manusia sangat mutlak diperlukan dalam desain interior sebuah restoran. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, sebuah restoran tidak hanya semata-mata menjual rasa masakan tapi juga menjual suasana yang nyaman bagi para konsumen. Daya tarik di sebuah restoran dapat dibentuk dengan berbagai cara seperti desain interior ataupun desain eksterior restoran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh positif dan signifikan desain interior terhadap minat pengunjung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Simple random sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang langsung dilakukan pada unit sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 130 responden yang menjadi konsumen yang mengunjungi The Garden Pantai Indah Kapuk. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan regresi untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap dependen. Berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh positif dan signifikan antara desain interior terhadap minat pengunjung restoran The Garden Pantai Indah Kapuk. Artinya semakin baik desain interior dimata konsumen akan meningkatkan minat pengunjung dalam mengunjungi restoran ini. “

Kata Kunci: Minat pengunjung,Desain interior

Full Text:

PDF

References


Rachmad, T. H. (2017). Peran Strategis Masyarakat Sadar Wisata Dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif Pariwisata Di Desa Tlontoraja Pamekasan. Jurnal Membangun Infrastuktur.

Izzati, W. A., Maharani, Y., dan Wiyancoko, D. (2017). Relasi Desain dan Tata Letak Sarana Duduk Terhadap Kenyamanan Pengunjung Kafe. Jurnal Desain Interior, 2(1).

Sunaryo, B. (2015). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Soekresno. (2016). “Manajemen Food & Beverage Service Hotel. jakarta: PT.Gramedia Pustaka“Utama.

Zahra, M. (2015). Penerapan Sistem Pelayanan Food & Beverages pada Praktikum Tata Hidang sebagai Kesiapan Tenaga Pramusaji. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dodsworth, S. (2009). A Simulation Application For Visitor Circulation In Exhibition Environments. Thesis Bilkent University.

Kugler, C. (2015). Interior Design Considerations and Developing the Brief Principal. Sydney. America.

Tampubolon. (2014). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca. Bandung: Angkasa.

Ahmadi, A. (2014). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Sekaran, U. dan R. B. (2016). Research Methods for Business. In Edisi Ketujuh. United Kingdom: John Wiley & Sons.

Azzuhri, M & Andre, D. T. (2017). Interior Design At Coffee Shop As A Factor Influencing Customer Retention And Mediating Role Of Perceived Customer Satisfaction. Journal of Entrepreneur and Entrepreneurship, 6(2).

Hartiatin, Febi., Sumule, Marsia., Fachruddin, S. (2016). Analisis Desain Interior Ruang Baca pada Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Konawe dalam Mengembangkan Minat Baca Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO, 1(2).

Kirima, K, R., Makopondo, R,. And Mutungi, M. (2017). Effect of Externail Hotel Design Features on Customers Attraction and Retention. International Academic Journal of Human Resource and Business Administration, 2(3), 282–289.

Lee, S,. Alzoubi, H, and Kim, S. (2017). The Effect of Interior Design Elements and Lighting Layouts on Prospective Occupants’ Perceptions of Amenity and Efficiency in Living Rooms. 9(7), 1119.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v20i1.7468

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License