Strategi PT. Indosat Tbk dalam Mensosialisasikan Nama dan Logo Kepada Customer
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pentingnya pemahaman mengenai sosialisasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam merubah nama dan logo baru sebagai cerminan identitas suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang dilakukan PT. Indosat Tbk dalam mensosialisasikan nama dan logo baru kepada customer yang sesuai dengan strategi komunikasi 7C Cutlip & Center. Metode penelitian adalah kualitatif dengan eknik pengumpulan data primer melalui wawancara dan data sekunder dari buku – buku yang relevan dengan penelitian, dokumen perusahaan dan internet. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles & Hubberman sementara eknik pemeriksaan kepercayaan berupa triangulasi sumber. Berdasarkan hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi 7C oleh Cutlip & Center yaitu kredibilitas yang cukup dalam melakukan sosialisasi dengan dibantu oleh divisi yang terkait, konten dan konteks yang disampaikan sesuai dan dapat dimengerti, kesinambungan dan konsistensi isi pesan selalu diperhatikan, saluran komunikasi telah optimal mencakup media cetak, elektronik, dan tatap muka.
Full Text:
PDFReferences
Anggoro, M. Linggar. (2000). Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di
Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta.
Prihadi, S.D (2015 November 19). Cerita di Balik Pergantian Nama Indosat
Ooredoo. Diperoleh dari: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151119144444-213-92736/cerita-di-balik-pergantian-nama-indosat-ooredoo/
Suryanto, S. (2015) Pengantar Ilmu Komunikasi: Jakarta, Pustaka Setia
Cutlip, Scott M., (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana. Ed. 9
Indosat Reborn Menjadi Indosat Ooredoo (2015 November 20). Diperoleh dari:
https://www.kotasubang.com/7118/indosat-reborn-menjadi-indosat-ooredoo
Indosat Ooredoo Catat Pertumbuhan yang Kuat di Semester 1 2017, Laba Bersih
Naik 83,2% sebesar Rp.784,2 Miliar (2017 Agustus 9). Diperoleh dari:
https://indosatooredoo.com/id/about-indosat/corporate-profile/press
release/indosat-ooredoo-catat-pertumbuhan-yang-kuat-di-semester-1
-laba-bersih-naik-83-2-sebesar-rp-784-2-miliar
Tampilan Baru Website Indosat Ooredoo (2014 Desember 23). Diperoleh dari:
https://indosatooredoo.com/id/about-indosat
Iklan Indosat- Kini Berubah Nama Menjadi Indosat Ooredoo (2015 November 20).
Diperoleh dari: https://indosatooredoo.com/id/about-indosat/corporate
profile
Aplikasi myIM3 Indosat Ooredoo (n.d). Diperoleh dari:
https://myim3.indosatooredoo.com/
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku
Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.5547
ISSN: 2579-3314
![](/ejurnal/public/site/images/agusjunaidi/logo-RJI-supported-by.jpg)
![](/ejurnal/public/site/images/piyan/Logo-LPPM-UBSI1.png)
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License