Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan pelanggan Pada Bimbingan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Shechina Cikarang

Zahra Zahra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan  pelanggan baik secara bersama-sama ataupun sebagian pada bimbingan belajar tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus cikarang bekasi secara parsial dan simultan. Sumber data  diperoleh dari kuesioner yang dibagikan pada pelanggan  dengan jumlah sampel 50 orang yang terdiri dari orang tua siswa, siswa, guru dan alumni sekolah. Pengolahan data yang digunakan  adalah  analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengolahan uji t dapat disimpulkan bahwa bahwa ada pengaruh secara parsial antara variabel tangible, reliabelity, responsible, assurance, empathy terhadap  kepuasan pelanggan tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus dan hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel tangible, reliabelity, responsible, assurance, empathy terhadap kepuasan pelanggan tumbuh kembang anak berkebutuhan khususb cikarang bekasi. Dari persamaan regresi tersebut dapat diketahui bahwa varibel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen   adalah variabel reliabelity (kehandalan) dengan koefisien 0,424 Uji R2 (R Square) didapatkan hasil sebesar 0.775 atau 77,5 %   yang berarti bahwa kepuasan pelanggan tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus dipengaruhi oleh variabel tangible, reliabelity, responsible, assurance, empathy sebesar 77,5%. Dan faktor lain yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada pelanggan tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus . sebesar 5,6%. diharapkan sekolah tersebut

Full Text:

PDF

References


Aryani, D. W. I. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan, 17, 114–126.

Birtha, Arifudzaki; Soemantri, Maman; Abdian, F. (2010). Aplikasi Sistem Informasi Persediaan Barang pada Perusahaan Export Hasil Laut Berbasis Web. Transmisi, 12(1), 1.

Di, P., & Gigi, P. (2016). PUSKESMAS SUKAWATI II TAHUN 2015, 4(2), 78–90.

Effect, T., Health, O., Quality, S., Out, O., Satisfaction, P., Cardiac, I., … Sakit, R. (2018). 1* , 2 , 3 1, 1(2), 64–75.

Emosional, K., Msdm, M., Ekonomi, F., Pandanaran, U., Banjarasari, J., & No, B. (2018). 1 2 1.1, 1–12.

Journal, D., & Social, O. F. (2017). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL Tahun 2017, Hal 1-8 http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/.

Kualitas, P. (2012). Management Analysis Journal, 1(4).

Kualitas, P., Terhadap, P., & Sukoharjo, M. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada dealer pt. ramayana motor sukoharjo, 13(1), 1–12.

Made, N., Sulistyawati, A., & Seminari, N. K. (2015). KEPUASAN PELANGGAN RESTORAN INDUS, 4(8), 2318–2332.

Mempengaruhi, F. Y., Pedagang, P., Lima, K., & S, C. M. (2016). Majalah Ekonomi _ ISSN No. 1411-9501 _Vol. XXI No. 2 Des 2016 Christina Menuk S - Tony Susilo Wibowo, (1411), 286–294.

Ngalimin, I. G. Q., Mandagie, Y., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., & Manado, U. (2019). Strategi Relationship Marketing Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Di Matahari Departement Store Mega Mall Strategy Of Relationship Marketing And Promotion Of The Effect On Customer Satisfaction In The Departement Store Mega Mall Manado Oleh :, 7(1), 571–580.

Pelanggan, K., Loyalitas, T., & Dengan, P. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif Layanan Jasa Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Nilai Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Bengkel Mobil PT Hartono Raya Motor Semarang).

Pengaruh, A., Pelayanan, K., Dan, H., Nurhalimah, S., Hasiholan, L. B., & Harini, D. C. (n.d.). ( Studi pada Bengkel Garasi di Ungaran ), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.5272

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License