Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Aan Rahman

Abstract


Abstract - Pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan akan menciptakan kepuasan bagi para pelanggan, oleh karena itu suatu perusahaan harus memiliki strategi yang khusus untuk mengelola jasa dengan baik. Strategi yang dimaksud mengenai hal apa yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, hal ini berkaitan dengan pelayanan dimana pelayanan merupakan aspek terpenting untuk mencapai kepuasan pelanggan.. Penelitian ini merupakan analisis deskriptif kuantitatif yang mencoba menunjukan pengaruh dari pelayanan terhadap kepuasaan konsumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner sedangkan variable yang menjadi penelitian ini adalah variable bebas yaitu pelayanan (X) dan variable tak bebas adalah kepuasan (Y). Hasil penelitian terdapat hubungan yang kuat antara pelayanan dan kepuasan pelanggan, berdasarkan perhitungan determinasi yang penulis teliti, diperoleh hasilnya yaitu varian yang tejadi pada variabel kepuasan pelanggan 54,5% ditentukan oleh varian yang terjadi pada variabel pelayanan

Full Text:

PDF

References


Handi, Irawan D. 2008. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Kasmir. 2011. Etika Costumer Service. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Priyatno, Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17 Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sarwono, Jonathan. 2010. Belajar Kilat SPSS 17

Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D . Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Metode R&D. Bandung: Alfabeta

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta:

CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima Edisi 2 Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wordoyo, Puspo. 2014. Bunga Rampai 22 Tahun Wong Solo. Jakarta PT.Sarana Bakar Digdaya.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v17i2.2504

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License