Pendampingan Belajar Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Bhakti Luhur Kota Madiun

Gregoria Ariyanti, Ana Easti Rahayu Maya Sari, David Ary Wicaksono

Sari


Pendidikan menjadi hak semua anak-anak Indonesia, termasuk juga anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus memerlukan pelayanan khusus. Perhatian yang diberikan kepada seluruh anak Indonesia sudah menjangkau semua kalangan demikian juga perhatian bagi anak berkebutuhan khusus. Hal itu tampak dengan adanya kurikulum dan sekolah yang mengkhususkan bagi anak-anak tersebut, demikian juga adanya pelajaran matematika sederhana. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini untuk memberikan pendampingan pemahaman konsep Matematika khususnya konsep Bilangan. Metode kegiatan pengabdian yang dilakukan berupa pendampingan dan perhatian bagi anak berkebutuhan khusus di SDLB Bhakti Luhur Kota Madiun. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya kemampuan pemahaman konsep Matematika yaitu Bilangan bagi anak berkebutuhan khusus.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aziz, A. N., Sugiman, & Prabowo, A. (2015). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner di Kelas Inklusi SMP Negeri 7 Salatiga. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 111-120.

Cahyaningrum, R. K. (2012). Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Program Inklusi (Studi Deskriptif di SD dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho). Educational Psychology Journal (EPJ), 1 (1).

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Geniofam (2010). Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gara Ilmu

Hallahan, D.P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2015). Exceptional Learners (13th ed). USA: Pearson Education, Inc.

Riadin, A., Misyanto, & Usop, D. S. (2017). Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, Volume 17, Issue 1, 22-27.

Subini, Nini. (2011). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. JAVANICA

Thompson, J. (2012). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Erlangga.

Triyanto & Permatasari, D. R. (2016). Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal UM, Tahun ke 25, No. 2, 176-186.

Widinarsih, D. (2019). Penyandang Disabilitas di Indonesia: Perkembangan Istilah dan Definisi. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, Jilid 20, Nomor 2, 127-142.

----- (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.9538

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.9538.g4957

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License