Pendampingan dan Pelatihan Pengelolaan Limbah Organik Menjadi Produk Bernilai Ekonomi di SMA Negeri 1 Bengkayang

Aloysius Kristianto

Sari


Tujuan dari aktivitas pengabdian masyarakat ini adalah untuk merubah, melatih dan mengembangkan pola pikir siswa/i SMA Negeri 1 Bengkayang mengenai sumber daya produksi berupa sampah organik yang selama ini hanya dibuang dan dibiarkan begitu saja. Sampah organik tersebut dapat dikelola dan diolah menjadi produk bernilai ekonomi yaitu pupuk cair organik. Aktivitas kegiatan menggunakan project based learning methods yang meliputi ceramah dan diskusi kelompok mengenai circular economy dan dampak negatif dan manfaat dari sampah organik (sisa makanan, limbah buah dan limbah sayur) rumah tangga, serta pelatihan membuat pupuk cair dari limbah organik dengan media tong komposter dan juga pelatihan sederhana mengenai desain produk ( pengemasan dan branding) hingga proses pemasaran. Hasil dari program pengabdian masyarakat ini adalah kesadaran siswa/ i mengenai pentingnya mengelola sampah dengan benar dengan memanfaatkannya menjadi produk bernilai ekonomi dan produk yang dihasilkan yang siap untuk dipasarkan di masyarakat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chaerul, M., Tanaka, M., & Shekdar, A. V. (2007). Municipal Solid Waste Management in Indonesia : Status and the Strategic Actions. Journal of the Faculty Environmnetal Science and Technology, Okayama University, 12(I), 41–49.

Hardiatmi, S. (2011). Pendukung keberhasilan pengelolaan sampah kota. Jurnal Inovasi Pertanian, 10, 50–66.

Mahyudin, R. P. (2017). Kajian Permasalahan Pengelolaan Sampah Dan Dampak. Teknik Lingkungan, 3, 3(1), 66–74.

Mulasari, S. A. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Masyarakat Dalam Mengolah Sampah Di Dusun Padukuhan Desa Sidokarto Kecamatan Godean Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 6(3). https://doi.org/10.12928/kesmas.v6i3.1055




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8093

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8093.g4195

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License