Sistem Pengelolaan E-Commerce (SisPEC) Produk Adpers Art Community Kelurahan Sukatani Kecamatan Tapos Depok

Haryani Haryani, Nurvi Oktiani, Taat Kuspriyono, Ibnu Akil

Sari


Penjualan online atau e-commerce merupakan suatu aplikasi yang dibangun untuk bisnis penjualan barang atau jasa yang menghubungkan antara penjual dan pembeli melalui transaksi elektronik dan membantu penjual dalam memasarkan produk dagangannya. Tujuan dari sosialisasi pengelolaan penjualan online ini adalah untuk memberikan pengarahan kepada anggota Adpers Art Community dalam proses pengelolaan penjualan online produk Adpers. Dalam menjalankan aktivitas kegiatan sehari-harinya Adpers Art mengalami beberapa kendala diantaranya pemasaran dan promosi yang belum maksimal dilakukan karena masih mengandalkan situs web pribadi, hal ini masih kurang efektif dan efisien dengan ditandai indikator bahwa masih banyaknya konsumen yang belum mengetahui Adpers Art ini, selain itu dari segi manajemen Produksi dan Inovasi Produk, yang mana diperlukannya suatu pemahaman dan pengelolaan hasil produksi dengan cara dan inovasi produk yang menjangkau seluruh kebutuhan dan keinginan konsumen dimana tidak hanya menjangkau 1 (satu) komunitas atau segmen konsumen saja tapi dapat menjangkau segmentasi pasar yang lain (seperti segmentasi yang dilihat dari jenis kelamin, gaya hidup, dan lain-lain), pada akhirnya dengan permasalahan diatas maka diperlukannya suatu solusi permasalahan bagi  Adpers – Art agar kedepannya lebih dapat memaksimalkan pemasaran dan promosi serta Produksi yang memiliki Inovasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan pemberian ceramah mengenai tata cara pengelolaan penjualan online yang baik dan benar. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para anggota Adpers Art dapat melakukan pengelolaan penjualan online.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hastanti, R. P., Purnama, B. E., & Wardati, I. U. (2015). Sistem Penjualan Berbasis Web ( E-Commerce ) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Bianglala Informatika, 3(2), 1–9.

Hidayat, M. K., & Ningrum, R. C. P. (2017). Sistem Informasi Penjualan Online Pada Toko Yusuf Bekasi. Indonesian Journal on Computer and Information Technology (IJCIT), 2(2), 24–30.

Nursari, S. R. C., & Immanuel, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online. CCIT Journal, 11(1), 102–114. Retrieved from https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/563

Susandi, D., & Sukisno, S. (2017). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 4, 5–8. https://doi.org/10.30656/jsii.v4i0.368

Syah, R., Iqbal, M., & Elveny, M. (2014). Pembangunan Aplikasi E-Commerce Dalam Menunjang Penjualan Produk Pada Cv.Riztech. Jurnal Penelitian Teknik Informatika, 4, 1–80.

Thousani, H. F., Fauzi, A., & Sunarti, S. (2015). Upaya Pengembangan E-Business Dalam Pemasaran Produk Secara Internasional (Studi pada Akademi Bisnis Online Indonesia Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 23(1), 1–8.

Zubaidi, A., Wijaya, I. G. P. S., Irmawati, B., & Arimbawa, I. W. A. (2019). Pengenalan Teknologi Internet of Things (Iot) Untuk Menyelesaikan Permasalahan Di Sekitar Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Mataram. Abdi Insani, 6(1), 80. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i1.193




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7929

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7929.g4610

Index by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License