Pemberdayaan Pemuda melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Peningkatan Pemasaran Produk Desa Semamung, Kabupaten Sumbawa

Nurul Hudaningsih, Miftahul Miftahul, Ryan Suarantalla

Sari


Kebijakan pemerintah one village one product menjadi tantangan bagi masyarakat desa. Keberlanjutan produk tidak hanya dari keberadaanya namun ditentukan juga dari seberapa berjalan kemasifan pemasaran produk. Pemasaran dan kemasan merupakan hal yang penting dalam upaya menarik minat calon konsumen. Media sosial online saat ini menjadi media yang digunakan untuk melakukan promosi. Dengan adanya perkembangan IPTEK yang pesat, aktivitas komunikasi yang sifatnya konvensial perlahan-lahan menuju ke aktivitas komunikasi yang bersifat digital. Social Responsibility Community (SRC) Desa Semamung merupakan organisasi kepemudaan yang terletak di Desa Semamung. SRC memiliki potensi besar untuk dapat membantu pemasaran produk desa. Namun terdapat kekurangan pengetahuan dan keterampilan para pemuda Desa Semamung dalam pemasaran online. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan upaya mensinergiskan potensi anak muda di SRC Desa Semamung terhadap media sosial untuk pemasaran produk lokal Desa Semamung. Program dilakukan dengan pelatihan desain kemasan menggunakan Software Corel Draw, pelatihan promosi menggunakan media sosial (Facebook dan Instagram) yang efektif serta pendampingan. Kesimpulan program ini adalah upaya mensinergikan potensi pemuda dan kebutuhan pemasaran produk desa sangat efektif. Selanjutnya mitra (SRC Desa Semamung) tertarik untuk terus mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang didapat melalui program untuk keberlanjutan pemasaran produk Desa Semamung.

 

Kata Kunci : Pemberdayaan Pemuda Desa, Pemasaran, Produk Desa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arzak, Miftahul. 2016. Jalan Menuju Surga (Anak Muda, Media Sosial dan Komunitas Sosial di Sumbawa). Jurnal Tambora Vol.1 No.2

Drew, Jesse. (2013). A Social History of Contemporary Democratic Media. Routledge: London.

Jauhari, Jaidan. 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menegah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI). Vol.2 No.1

Kuncoro, Mudrajad, 2008. Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008.

Pamungkas, Bagas Aji. 2016. Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, Vol.X, No 2. 2016, halaman 145-160

Priambada, Swasta. 2015. Manfaat Penggunaan Media SosialPada Usaha Kecil dan Menengah. Prosiding Seminar Nasional sistem Informasi Indonesia Tahun 2015.

Siswanto, Tito. 2013. Optimalisasi Sosial Media Sebagai media Pemasaran Usaha kecil dan Menengah. Jurnal Liquidity, Vol. 2, No.1, hlm.80-86

Supardi, Julian. 2009. Rancang Bangun Collaborative System Pemasaran Hotel Secara on-line Dengan Pendekatan Mediator based. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom Unsri Vol 1 No 2




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.7125

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.7125.g4194

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License