Pendampingan dan Penerapan Media Belajar Sains Berbasis Ramah Lingkungan di Kelas bagi Guru MI di Jombang

Ino Angga Putra, Suci Prihatiningtyas, Iin Baroroh Ma'arif

Sari


Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk mengetahui perkembangan guru MI dalam menyusun media belajar sains berbasis ramah lingkungan dan penggunaannya di dalam kelas. Media pembelajaran sangat penting perannya sebagai perantara antara guru dengan siswa atau juga siswa dengan siswa. Hal ini akan mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Kegiatan ini dilakukan selama 2 (dua) hari pada tanggal 31 Juli dan 3 Agustus 2019. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan angket penggunaan media belajar sains berbasis ramah lingkungan. Hasil kegiatan ini diperoleh data bahwa  guru sudah dapat merancang media belajar sains berbasis ramah lingkungan secara mandiri dan siswa sangat senang dan antusias pada kegiatan praktikum menggunakan media pembelajaran tersebut. Kegiatan ini diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan metakognitif siswa melalui kegiatan praktikum.

Kata Kunci: Media Belajar Sains berbasis Ramah Lingkungan, Pendampingan, Penerapan, Praktikum

 

Abstract

The purpose of this service activity is to study the development of teachers in making environmentally friendly science-based learning media and its use in the classroom. The learning media is very important as the interaction between the teacher and students or also students and students. This will increase the level of student understanding of the material presented. This activity was carried out for 2 (two) days on 31 July and 3 August 2019. Data collection was carried out through observation sheets and questionnaires using environmentally friendly science-based learning media. The results of the activities obtained the data that the teacher has been able of independent environmentally friendly science-based learning media and students are very happy and happy in the practical activities using the learning media. This activity must provide significant approval to the ability of students who carry out practical activities.

Key Word: Environmentally Friendly Science-Based Learning Media, Assistance, Application, Practicum

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, S., Harmianto, S., & Yuwono, P. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Tematik Sains menggunakan Inquiry Learning Process dan Science Activity Based Daily Life. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Volume 02, Nomor 01, 29-35.

Fakhriyah, F., Wanabuliandari, S., & Ardianti, S.D. 2016. Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik dan Kertas untuk Media Pembelajaran Inovatif bagi Guru di SDN 5 Bae, Kudus. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Volume 1, Nomor 1, 48-55.

Faradisa, I.S, Santi, F.W., & Wahyuni, Y. (2015). IBM Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Guru Sekolah Dasar Kelurahan Tasikmadu dan Kelurahan Tunjungsekar Kotamadya Malang. Prosiding Seminar Nasional “Research Month”.

Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 49-58.

Nasrun, Faisal, & Farriyansyah. (2018). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar Kecamatan Medan Selayang Kota Medan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (JPKM), Volume 24, Nomor 02, 671-676.

Normawati, Y.I, Alawiyah, S., Sutanto, E., Muslim, M.M.S., & Mukaromah, V.L. 2016. Pelatihan dan Pendampingan Sentence Scramble Game sebagai Media Pembelajaran Sintaksis Anak Tunarungu. PELITA, Volume X, Nomor 2, 94-104.

Prihatinigtyas, S., & Putra, I. A. (2018). Rekonstruksi alat peraga fluida dinamis berbasis pendekatan sainstekmas terhadap kemampuan psikomotor mahasiswa. Seminar Nasional Fisika (pp. 161-167). Surabaya: FMIPA UNESA.

Putra, I. A., & Sujarwanto, E. (2016). Bahan Ajar Alat Ukur dan Pengukuran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Sains, Volume 04, Nomor 03, September, 81-89.

Putra, I. A., & Sujarwanto, E. (2017). Rekonstruksi Bahan Ajar Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Alat Ukur dan Pengukuran dengan Pendekatan Behavioristik terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik. Seminar Pendidikan IPA (pp. 196-205). Malang: Pascasarjan UM.

Suprapti, E., Sujinah, Wikanta, W., & Suher. (2017). Penguatan kemampuan GUru dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran tematik berbasi Student Center Learning (SCL) di SDN Patemon IX Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian kepada masyarakat, Volume 01, Nomor 01, 74-80.

Syafrina, A., Farhan, A., & Ropisa. (2016). Efektifitas Media Animasi dalam Pencapaian Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Jurnal Pesona Dasar, Volume 02, Nomor 04, April, 1-7.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.7092

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.7092.g3798

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License