Pelatihan Penulisan Naskah Drama dari Cerita Lisan Sulawesi Selatan di MTs Negeri 2 Biringkanaya Makassar

Muliadi Muliadi, Umar Mansyur, Kasma F. Amin

Sari


Potensi kekayaan daerah berupa sastra lisan di Sulawesi Selatan sepenuhnya belum digali dan disebarluaskan kepada generasi muda. Potensi budaya ini dapat dijadikan sebagai sarana pembentukan karakter siswa di sekolah melalui kegiatan penulisan naskah drama. Kegiatan pelatihan penulisan naskah drama dari cerita lisan Sulawesi Selatan di MTs Negeri 2 Biringkanaya Makassar dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan, pendampingan, dan praktik penulisan. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 36 orang. Kegiatan ini dijalankan dalam beberapa tahapan, yakni persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, dilakukan koordinasi dengan mitra, menunjuk tim pendamping, dan mempersiapkan materi pelatihan, serta memastikan kesiapan alat dan bahan penunjang pelatihan. Pada tahap pelaksanaan, tim menyampaikan materi pelatihan peserta. Setiap kelompok diberikan bahan sastra lisan dari daerah Sulawesi Selatan, yang selanjutnya akan disusun ke dalam sebuah naskah drama. Pada tahap evaluasi, tim pelaksana melakukan monitoring dan evaluasi mengenai tingkat pengetahuan mitra setelah kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan. Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan PKM Pelatihan Penulisan Naskah Drama dari Cerita Lisan Sulawesi Selatan yang dilaksanakan di MTs Negeri 2 Biringkanaya Makassar ini mendapat respons yang baik dari peserta yang menjadi mitra pengabdian masyarakat. Para siswa yang menjadi peserta pelatihan antusias mengikuti kegiatan yang diberikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, K. F. (2016). Sastra Klasik Bugis Makassar. Jogyakarta: Pustaka AQ.

Budiharto, R. A., & Ramadani, T. (2018). Penggunaan Sastra Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Peduli Lingkungan. Jurnal Abdimas BSI, 1(2), 180–185.

Mansyur, U. (2018). Korelasi Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMI. Multilingual: Jurnal Kebahasaan Dan Kesastraan, 17(1), 11–22.

Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II (Narasi II) FBS UNM. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/337671871

Muliadi, Firman, & Amin, K. F. (2019). Folklore as Instrument to Internalize Character Values. Proceeding of The International Conference on Literature, 581–588. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/ICOL/article/view/14507

OECD. (2019). PISA 2018 Results. Retrieved November 15, 2019, from https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Rohinah, M. N. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra: Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Jogyakarta: Ar-Ruz Media.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.7064

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.7064.g4186

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License