PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DALAM MEMANFAATKAN LIMBAH CAIR TAHU SEBAGAI BIOGAS DI DUSUN BAPANG KABUPATEN JOMBANG

Suci Prihatiningtyas, Fatikhatun Nikmatus Sholihah, Meriana Wahyu Nugroho

Sari


yang memiliki home industry tahu dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan limbah cair tahu sebagai biogas di dusun Bapang kabupaten Jombang. Metode penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan observasi lapangan, perijinan mitra yaitu pemilik home industry tahu, perencanaan kegiatan meliputi penyiapan alat dan bahan serta rencana kegiatan sosialisasi, penyiapan alat dan bahan, sosialisasi yang diawali dengan penyampaian materi (materi yang disampaikan terkait tentang limbah, kadungan limbah, dan pemanfaatan limbah), demonstrasi pembuatan biodigester dan biogas, dan pelatihan pembuatan biodigester dan biogas. Kegiatan yang sudah dilaksanakan berupa peningkatan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan limbah cair tahu sebagai biogas dapat terlaksana dengan baik dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Persentase rata-rata respon peserta setelah mengikuti kegiatan ini sebesar 78,11% yang berarti kegiatan dapat dirasakan manfaatnya karena keterampilan dalam membuat biodigester dapat secara langsung diterapkan pada pembuatan biogas dengan menggunakan limbah cair tahu.

Kata Kunci: Biogas, limbah cair tahu, home industry tahu


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alimsyah, A., & Damayanti, A. (2013). Penggunaan Arang Tempurung Kelapa dan Eceng Gondok untuk Pengolahan Air Limbah Tahu dengan Variasi Konsentrasi. Jurnal Teknik ITS, 2(1), D6-D9. http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/3170

Anonima. 2010. Penerapan prinsip waste to product dalam pengolahan limbah pabrik tahu. http://onlinebuku.com/2009/01/03/waste-to-product-dalam-pengelolaan-limbah-pabrik-tahu/comment-page-1/.

Levina, E. (2016). Biogas from tofu waste for combating fuel crisis and Environmental damage in indonesia. Apec youth scientist journal, 8(1), 16-21. http://amgs.or.kr/New/common/journal/vol8/vol8_1_no.3.pdf

Saenab, S., Al Muhdar, M. H. I., Rohman, F., & Arifin, A. N. (2018). Pemanfaatan Limbah Cair Industri Tahu Sebagai Pupuk Organik Cair (POC) Guna Mendukung Program Lorong Garden (Longgar) Kota Makassar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Megabiodiversitas Indonesia, Gowa, 09 April.

Said D. dkk. 2006. Biogas Skala Rumah Tangga. Program Bio Energi Pedesaan (BEP). Ditjen PPHP Deptan Jakarta

Subagyo, R., & Wijaya, R. (2017). PEMBUATAN BIOGAS DENGAN VARIASI STARTER RAGI DAN KOTORAN SAPI BERBAHAN BAKU SAMPAH ORGANIK. sjme KINEMATIKA, 2(1).

Sungkowo, T. H. (2015). Pegolahan Limbah Cair Industri Tahu Menggunakan Tanaman Typha Latifolia dan Eceng Gondok dengan Metode Fitoremediasi. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau, 2(2), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6947

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6947.g3804

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License