Peningkatan Daya Saing Produk Dengan Menerapkan Strategi Marketing Mix dan Penerapan Teknologi Pada Kelompok Usaha Gula Semut di Desa Pernasidi

Rizki Wahyudi, Muliasari Pinilih, Luzy Oktaviany

Sari


Pernasidi adalah desa yang terletak di Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Desa Pernasidi juga disebut Desa Gula, karena sebagian besar masyarakat desa merupakan penghasil gula dan menggantungkan pendapatannya terhadap produksi gula. Salah satu usaha dagang yang bergerak di bidang produksi gula semut adalah UD. Kali Mengaji. UD. Kali Mengaji bekerja sama dengan petani dan pengepul gula di Desa Pernasidi sebagai pemasok produk gula. Gula yang dipasarkan oleh UD. Kali Mengaji harus memenuhi standar kebersihan dan higienis. Namun, selama proses pengolahannya petani terkadang tidak memperhatikan faktor tersebut dalam proses produksi. Padahal salah satu aspek yang akan dilihat konsumen dalam membeli suatu produk adalah faktor kebersihan atau higienis. Selain permasalahan aspek kebersihan dan higienis dalam produksi, permasalahan yang muncul adalah belum adanya branding produk gula tersebut. Selama ini, UD Kali Mengaji masih menjual tanpa menggunakan brand atau merk.. Aspek terakhir yang menjadi permasalahan adalah pemasaran produk. Pemasaran produk ini masih menggunakan bantuan pihak ketiga dan belum melakukan pemasaran secara mandiri. Hal ini mengakibatkan nilai jual produk gula semut cukup rendah. Secara garis besar, permasalahan mitra ini terfokus pada belum pahamnya mitra terhadap bauran pemasaran atau marketing mix. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini dengan memberikan penyuluhan, pendampingan dan pelatihan terhadap mitra. Untuk permasalahan kebersihan akan dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada petani mengenai dapur bersih dalam proses produksi. Penyuluhan ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran petani dalam menjaga aspek kebersihan dalam proses produksi. Solusi belum terdapatnya branding produk gula semut dan penetapan harga akan diatasi dengan memberikan workshop mengenai branding dan packaging produk Sementara, pemasaran yang belum mandiri akan diatasi dengan memberikan pelatihan dan pendampingan workshop internet marketing dan pembuatan web dalam proses pemasaran produk.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Demishkevich M. 2015. Small Business Use of digital marketing: Findings from Case Studies. Minneapolis, Minnesota (US): Walden University.

Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia. 2016. Pemetaan dan Strategi Peningkatan UMKM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dan Pasca MEA 2025. Jakarta (ID): Bank Indonesia.

Diarta, I KS, Lestari, PW & Dewi, IAPC. 2016. Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 4, No. 2, Oktober 2016.

Purwana ESD, Rahmi, Aditya S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi : doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

MG. Catur Yuantari, Arif Kurniadi, Ngatindriatun. 2016. Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Di Desa Curut Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Techno.Com, Vol. 15, No. 1, Februari 2016: 43-47

Purnomo, D., Mukti, G.W., Dan Hendriani, R, 2013. Workshopdan Pendampingan Teknis Penerapan Standar Sanitasi Dan Higenition Pada Agroindustri Pedesaan Di Desa Balegede Dan Malati Kecamatan Naringul Kabupaten Cianjur. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat. Vol. 2, No. 1, Mei 2013: 16 – 27

Purwana ESD, Rahmi, Aditya S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi : doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Surjono, Gunanto. 2017. Industri Rumah Tangga Gula Semut sebagai Wahana Peningkatan Kesejahteraan Sosial Keluarga . Jurnal PKS Vol 16 No 2 Juni 2017; 151 - 172.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6517

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6517.g3799

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License