PENDIDIKAN DINI MITIGASI BENCANA

Muhammad Eko Atmojo

Sari


Pendidikan dini mitigasi bencana merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, hal dini dikarenakan Indonesia berada di daerah cicin api atau ring of fire. Dengan kondisi geografis Indonesia yang berada di daerah cicin api maka akan banyak sekali potensi bencana yang muncul diantaranya gempa bumi, tsunami, gunung merapi meletus, tanah longsor, banjir, putting beliung dan lain-lain. Maka dari itu pendidikan dini mitigasi bencana bagi masyarakat dan akan-anak usia dini merupakan hal yang paling penting, sehingga ketika terjadi bencana masyarakat dan anak-anak sudah memahami langkah awal untuk penyelamatan diri. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah forum group discussion, sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh guru dan siswa dengan sangat antusias, selain itu dengan adanya kegiatan ini banyak manfaat yang didapatkan oleh guru dan siswa-siswi SD Negeri Bantul Timur. Pada pelaksanaan forum group discussion banyak sekali guru yang belum memahami mitigasi bencana sehingga kegiatan ini menambah wawasan dan pengetahuan guru. Selain itu guru juga baru mengetahui bahwa ketika terjadi bencana maka orang dewasa mempunyai tanggungjawab yang sangat besar. Kegaitan sosialisasi dan simulasi juga diikuti dengan sangat antusias, serta kegiatan ini menambah pengetahuan serta wawasan bagi siswa dan guru SD Negeri Bantul Timur. Pada kegaitan simulasi ini ada beberapa tipe penyelamatan yang dilakukan diantaranya ketika terjadi bencana gempa bumi yang mengakibatkan kebakaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nirmalawati. (2011). Pembentukan Konsep Diri Pada Siswa Pendidikan Dasar Dalam Memahami Mitigasi Bencana. Jurnal SMARTek. Vol. 9 No. 1. Februari.

Suarmika, Putu Eka dan Erdi Guna Utama. (2017). Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Analisis Etnopedagogi). Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Volum 2 Nomor 2 bulan September.

https://www.republika.co.id/berita/nasional/news-analysis/19/01/02/pkojtl430-mencari-model-yang-tepat-untuk-pendidikan-mitigasi-bencana. Diakses pada tanggal 13 Agustus 2019 Pukul 20.00 WIB.

https://www.kompasiana.com/altip/5bb1d028ab12ae5c63656647/pentingnya-penerapan-pendidikan-mitigasi-bencana-di-sekolah?page=all. Diakses pada tanggal 13 Agustus 2019 Pukul 21.00 WIB.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6475

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6475.g4185

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License