PELATIHAN MICROSOFT EXCEL SEBAGAI PENUNJANG KETRAMPILAN HARD SKILL BAGI SISWA PADA SMK YPSEI PALANGKA RAYA
Sari
Pada era Revolusi Industri 4.0, peran mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sangat dibutuhkan bagi para siswa sebagai bekal bagi mereka dalam menghadapi perubahan dan tuntutan jaman. Sejak adanya penerapan kurikulum 2013 (K-13), TIK hanya diajarkan pada Sekolah Menengah Kejuruan untuk lintas minat atau pendalaman minat bidang teknologi informasi dan komunikasi saja, tidak diwajibkan secara umum. SMK berperan sebagai sekolah yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan yang menerapkan program keahlian seperti teknik mesin, perkantoran, seni rupa, tata boga, administrasi dll yang dapat memberi bekal salah satunya ketrampilan hard skill yang menunjang profesional skill. Mengoperasikan komputer merupakan bagian ketrampilan hard skill, siswa perlu memiliki ketrampilan dalam mengoperasikan program yang terdapat di Windows dan program yang paling sering digunakan yaitu Microsoft Excel. Microsoft Excel umumnya dikenal sebagai software pengolah angka atau bisa dikatakan sebagai program aplikasi lembar yang berfungsi mengolah data secara otomatis seperti perhitungan, rumus, pemakaian fungsi, tabel, pembuatan grafik dan manajemen data untuk menciptakan data informasi digunakan dalam rangka pengambilan keputusan. Pemanfaatan sarana lab komputer yang belum dilaksanakan secara maksimal digunakan siswa karena tidak adanya mata pelajaran yang berkaitan secara langsung dengan komputer sehingga pemanfaatan program komputer seperti Microsoft Excel belum maksimal diterapkan di sekolah-sekolah.Dengan adanya kegiatan pelatihan terkait Microsoft Excel yang dilaksanakan di SMK YPSEI, diharapkan siswa dapat memiliki bekal ketrampilan penggunaan aplikasi komputer sebagai sarana TIK secara praktik.
Kata Kunci: Microsoft Excel, Ketrampilan Hard Skill, Siswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, D., Millenia, D., Nusfiana, D., Ariance, E., & Krisnawati, F. (2019). Persamaan dan Perbedaan Microsoft Excel. INA-Rxiv, 2016–2018.
Bona, F. M. (2018). Sempat Dihapus, TIK Kembali Diajarkan pada 2019. Retrieved July 23, 2019, from www.beritasatu.com website: https://www.beritasatu.com/nasional/508445/sempat-dihapus-tik-kembali-diajarkan-pada-2019
Fajrinshanty, I., Herawati, N. T., & Atmadja, A. T. (2019). PENERAPAN STANDAR AKUNTASI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) PADA UD SINAR ABADI. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).
Hutahaean, J., Azhar, Z., Siagian, Y., Syah, A. Z., & Informasi, S. (2019). Pelatihan pembuatan blog pada siswa lembaga kursus pendidikan (lkp) mandiri. 2(1), 65–74.
Murman, L. (2017). Permasalahan Sekolah dan Solusinya (2): Pemenuhan Sarana Prasarana. Retrieved July 23, 2019, from Gurusiana website: http://murman.gurusiana.id/article/permasalahan-sekolah-dan-solusinya-2-pemenuhan-sarana-prasarana-4488414
Sihombing, S. C., & Rahmawati. (2019). Penyuluhan Penerapan Ilmu Statistik di SMAN 1. 3(1), 47–52.
Sumberpengertian.id. (2017). Pengertian Microsoft Excel, Fungsi dan Kegunaannya (LENGKAP !). Retrieved July 23, 2019, from Sumberpengertian.id website: http://www.sumberpengertian.id/pengertian-microsoft-excel
Thunder, J. (2018). Pentingnya “Hardskill” dan “Softskill” dalam Dunia Karir. Retrieved July 23, 2019, from www.kompasiana.com website: https://www.kompasiana.com/jonithunder/5bf23690ab12ae448c353bb4/pentingnya-hardskill-dan-softskill-dalam-dunia-karir#
DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6011
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6011.g3402
Terindex oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() |
dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License