Pemanfaatan Permainan Komputer Berlisensi Free Software sebagai Media Pembelajaran Anti Korupsi Pada Anak
Sari
Korupsi adalah masalah besar yang dihadapi Bangsa Indonesia. Indeks persepsi korupsi Indonesia masih relatif tinggi sehingga perlu upaya penanggulangan secara bersama, termasuk dari kalangan perguruan tinggi. Salah satunya adalah melalui strategi pendidikan sejak usia dini, yakni menyiapkan generasi muda sejak usia dini untuk menghindari perilaku korupsi. Karena itu, tim pengabdian masyarakat mengadakan sosialisasi dan pelatihan tentang pembelajaran anti korupsi. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk permainan game computer sehingga sesuai dengan karakter peserta pelatihan. Pelatihan diselenggarakan di SD Dinoyo Malang dengan mengundang guru dan orang tua anak sekolah dasar di Kota Malang. Hasil pelatihan ini adalah para peserta didik mengenal korupsi dan dapat memainkan permainan game anti korupsi dengan baik. Diharapkan game ini yang jika dilakukan berulang kali, nilai-nilai antikorupsi yang ada dalam kandungan game ini dapat terinternalisasi secara bertahap dalam pikiran peserta didik.
Kata Kunci: Game software, Pembelajaran anti korupsi, pengabdian masyarakat.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Angkowo, R., dan Kosasih, A. (2007). Optimalisasi media pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Chandra, A. N. (2006). Gambaran perilaku dan motivasi pemain online games. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(5), 1-10.
Darto, M. (2012). Percepatan dan pemberantasan korupsi, realitis, atau utopis?. Jurnal Borneo Administrator, 8(2).
DePorter, Bobbi dan Hernacki, M. (2001). Quantum Learning:Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Halpern, R., & Fiqueiras, A. C. M. (2004). Environmental influences on child mental health. Journal de Peditria, vol. 80 (2), 104-110.
Henry, S. (2010). Cerdas dengan Game. PT Gramedia Pustaka Utama.
Kustandi, C., dan Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran: manual dan digital. Bogor: Ghalia
Kriyantono, R., Pratama, B.I.,dan Alfira, N. (2014) Laporan Pengabdian Masyarakat Metode Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Aplikasi Permainan Komputer Berbasis Open Source Software Tahun 2014. Univeritas Brawijaya: Tidak diterbitkan.
Munadi, Y.. (2008). Media Pembelajaran:suatu pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Pers
Tap MPR No. XI/MPR/1998, tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih Dan Bebas Korupsi, Kolusi, Dan Nepotisme
Phillips, R. (1997). The Developer’s Handbook to Interactive Multimedia, London: Kogan Page.
Purbo, O. W. (2001) Apa Susahnya Tidak Membajak Software?. diambil dari: http://www. kompas. com/kompas-cetak/0103/06/iptek/apas40. htm. Diakses 1 Juni 2015
Santoso, S. (2004) Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Citra Pendidikan
Simonson, M.R. dan Thompson. (1994). Educational computing foundations (Second ed.). Columbus : Meril.
Soulier, J. (1988). The design and development of computer based instruction. London : Allyn and Bacon, Inc.
Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
__________(2015). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012
Susanto, H. (2006). Mengembangkan kemampuan self regulation untuk meningkatkan keberhasilan akademik anak. Jurnal Pendidikan Penabur, 7, 64-71.
Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Swartz, A. J. (2002). Transmitting moral wisdom in an age of the autonomous self. dalam Damon, W. Bridging in a New Era in Character Education. USA : Hoover Institution Press
Yusuf, P. (1990) Komunikasi pendidikan dan komunikasi intrusional. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5929
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5929.g3449
Terindex oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() |
dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License