Strategi Kreatif Menulis Advertorial Menggunakan Microsoft Word

Ratna Kartika Sari, Iin Soraya

Sari


Abstrak

Advertorial merupakan jenis iklan yang dikemas dalam gaya jurnalistik dan ditulis dalam bentuk editorial atau artikel yang memuat informasi mengenai kegiatan perusahaan atau review keunggulan sebuah produk disertai fakta empiris dan informasi yang berguna. Tujuan penulisan iklan ini adalah untuk menyatukan berita dan pesan komersil, sehingga menjadikan alat pemasaran ini bersifat lebih kredibel dan efektif. Advertorial dapat digunakan untuk melakukan promosi aktivitas perusahaan maupun promosi produk, yang pada dasarnya berusaha menggiring pembaca untuk menyakini bahwa perusahaan atau produk tersebut memberikan manfaat, serta menjadi solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Pelatihan penulisan advertorial yang diselenggarakan Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI bertujuan menambah pengetahuan dan ketrampilan peserta di bidang penulisan, khususnya advertorial. Hal ini akan mempermudah dan memperlancar urusan kedinasan maupun promosi produk-produk bagi yang mengelola usaha sendiri. Berdasarkan evaluasi terungkap, bahwa sebagian besar peserta belum pernah menggunakan komputer dalam kegiatan penulisan, baik dalam menulis informasi yang dipasang di papan pengumuman, surat menyurat, maupun menulis pesan promosi untuk produk-produk yang mereka jual. Peserta juga belum pernah secara khusus mengikuti pelatihan penulisan, baik untuk keperluan pribadi maupun kedinasan. Selain itu, peserta juga tidak mengenal advertorial sebagai salah satu sarana promosi yang bertujuan sama seperti iklan konvensional yang biasa ditayangkan di media massa. Namun, setelah mengikuti pelatihan, para peserta kini mampu melakukan penulisan menggunakan Microsoft Word, dan memadukannya dengan gambar-gambar yang tersedia di aplikasi tersebut. Selanjutnya, diharapkan peserta akan terus menerapkan dan meningkatkan ketrampilan menulis yang dimiliki agar dapat menghasilkan tulisan yang lebih menarik dan bervariasi, baik yang bersifat informatif maupun persuasif.   

Kata Kunci: Strategi Kreatif, Iklan, Advertorial

                                                                 

Abstract

Advertorial is a type of advertising in a journalistic style and written in an editorial or article form that contains information about company activities or reviews of qualities of a product along with empirical facts and beneficial information. Writing an advertorial aims to integrate news and commercial messages with the result that this marketing tool will be more credible and effective. An advertorial can be used to promote activities of a company as well as products, which basically attempts to lead readers to assume that the company or products provide benefits and a solution to the problems they face. An advertorial writing training organized by the Faculty of Communication and Language of BSI University intended to enhance knowledge and skills of participants in writing, especially an advertorial. This will simplify and accelerate the official charges and promoting products for those who manage their own businesses. Based on the evaluation, it was revealed that most participants have never used computers in writing information posted on bulletin boards, correspondence, as well as promotional messages for the products they sold. Participants also have never specifically participated in any writing training, either for personal and official purposes. Another fact is that participants are also unfamiliar with advertorial as a means of promotion that has the same goal as conventional advertising which usually broadcast in mass media. However, after the training, participants are now able to do the writing applied on Microsoft Word, then integrate it with images/figures on the application. Furthermore, it is expected that participants will keep on implementing and enhancing their writing skills to write more interesting and varied writings, both informative and persuasive.

Keywords : Creative Strategy, Advertising, Advertorial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Maulina, R. (2019, Maret). Retrieved 25 Juni 2019, from https://www.jurnal.id/id/blog/iklan-advertorial-sebagai-stategi-pemasaran-terbaik/

Negara, A. S. (2016). Perbandingan Pengaruh Advertorial dan Iklan Majalah Dalam Mereposisi Citra Merek Sehingga Terciptanya WOM. 2.

Partawan, I. S., Putrayasa, I., & Sriasih, S. P. (2014). Penggunaan Advertorial di TV Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Persuasi Siswa Kelas X UPW di SMK Negeri 2 Bangli. 8.

Primadini, I. (2016). Pengaruh Advertorial Mengenai CSR Dalam Pembentukan Citra Merek : Studi Pada Advertorial "Lifebuoy Berbagi Sehat" Di Harian Kompas. Jurnal ULTIMACOMM , Vol.8, No.2, 59.

Sugihantoro. (2010). Modul Pengantar Periklanan. Medan: Pusat Pengembangan Bahan Ajar UMB.

Warni, S. (2015, Desember). Zahira Blog. Retrieved 25 Juni 2019, from www.zahiraccounting.com: https://zahiraccounting.com/id/blog/mengenal-konsep-iklan-advertorial/




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5890

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5890.g3408

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License