Literasi Digital Melalui Aplikasi Microsoft Access Sebagai Komunikasi Bisnis Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen (Studi Pada Warga Jatikramat, Bekasi, Jawa Barat)

A.Yudo Triartanto, Adhi Dharma Suriyanto

Sari


Abstrak

Tulisan  ini menyoroti mengenai pemahaman dan pembelajaran bagi masyarakat, khususnya warga Jatikramat, Bekasi, Jawa Barat, terhadap pembuatan program aplikasi Microsoft Access.  Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk memberikan pembekalan terhadap masyarakat perlunya memahami Microsoft Access (literasi media) untuk  membangun bisnis skala kecil dengan penggunakan aplikasi program komputer menuju Masyarakat Cerdas Mandiri. Tentunya, aplikasi ini untuk memudahkan bisnis yang diawali dari rumahan bagi masyarakat. Selain itu, penelitian ini menjadi bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Masjid Al-Muttaqin, Jatikramat, Bekasi. Pengabdian kepada masyarakat merupakan suatu kewajiban seorang dosen dalam menjalankan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi. Salah satu kewajiban tersebut AMIK BSI Jakarta program studi Manajemen Informatika melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat, hal ini dilaksanakan untuk  mengamalkan, menerapkan,  dan mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi guna memajukan pengetahuan masyarakat khususnya di bidang ilmu komputerTeknik pengumpulan data melibatkan warga setempat dan Fakultas Teknologi Informasi dan Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al-Muttaqin, Jatikramat, Bekasi, Jawa Barat,  sebagai studi banding. Hasil penelitian menemukan, bahwa, antusiasme warga terhadap aplikasi Microsoft Access cukup signifikan. Mengingat pesatnya kemajuan teknologi informasi, termasuk komunikasi bisnis, pararel dengan segala perubahan perilaku konsumen/masyarakat terhadap akses informasi dan komunikasi.  Memgacu dari hal ini, maka pembelajaran tentang program aplikasi Microsoft Access sangat dirasa perlu dan dibutuhkan masyarakat dalam menjalankan bisnisnya yang berbasis data.

Kata kunci : literasi media, komunikasi bisnis, dan perilaku konsumen

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gilster, P. (2007). Digital literacy. New York: Wiley.

Hoeta Soehoet, A.M.( 2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Yayasan Cinta.

Purwanto, Djoko. (2010). Komunikasi Bisnis edisi 3. cetakan ke-8. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Setiadi, Nugroho J. (2013). Perilaku Konsuen: Perspektif Kontemporer pada Motif,

Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Edisi Revisi, Cetakan ke-5, April. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Graha Aksara.

Tamburaka, Apriadi. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Rajawali Press.

Yin, Robert K. (2003). Case study research: Design and methods. (3rd edition). California: Thousands Oaks.

Yin, Robert K. (2014). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5034

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5034.g2972

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License