Implementasi Aplikasi Pengenalan Huruf Hiragana dan Katakana Berbasis Android pada Siswa/I

Lita Sari Marita, Singgih Hazairin, Lia Mazia

Sari


Abstrak

Bahasa merupakan salah satu kemampuan terpenting yang harus dimiliki, karena bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi, menyampaikan pendapat, juga perasaan. Di era globalisasi saat ini penguasaan berbagai bahasa asing sangat penting, hal ini dikarenakan dengan menguasai bahasa asing seseorang dapat berkomunikasi lebih jauh sehingga wawasan akan lebih terbuka dan memiliki modal besar untuk melangkah dalam dunia yang kemajuan teknologinya selalu bergerak maju. begitu besar manfaat smartphone, mulai banyak aplikasi-aplikasi belajar yang dikembangkan. Salah satunya untuk kebutuhan pelajar guna mempermudah proses belajar, sehingga tidak hanya buku yang menjadi sarana belajar,melainkan menggunakan smartphone dengan tampilan yang lebih menarik. Pemanfaatan teknologi smartphone dapat membantu manusia dalam mempelajari suatu bahasa dengan aplikasi berbasis Android. Dalam penelitian ini dirancang aplikasi pembelajaran aksara Jepang huruf Hiragana dan Katakana menggunakan menggunakan Android 4.0.1 (Ice Cream Sandwith). Perancangan implementasi program menggunakan Android Studio. Hasil penelitian berupa aplikasi pembelajaran bahasa Jepang yang menyediakan materi pengenalan huruf Hiragana, Katakana dan kosakata menggunakan suara dan soal kuis.

Kata Kunci: Aplikasi belajar Hiragana dan Katakana, Android Studio.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.S., Rosa, dan Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak 2nd ed.Bandung: Informatika

Juhara, Zamrony P. (2016). Panduan Lengkap Pemograman Android. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Kadir, Abdul., Dan Triwahyuni Ch, Terra, (2013).Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi.Yogyakarta: Andi.

Lauren, G., & Murtiwiyati. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Ilmiah Komputasi, 12, 1–10. Retrieved from murtiwiyati.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2058/jurnal+Android.pdf

Novandya. (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( TIK ) Untuk Ketahanan Nasional, 7.

N. Safaat. (2015). Pemrograman Aplikasi Android Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Risa, W., & Ernawati, S. (2018). Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Jawa-Indonesia. Techno, 15(2), 93–98.

Rossa, A. ., & Shalahuddin. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak. Yoyakarta: Andi Offset.

Sudaryanto, & Ikhwandi, M. (2017). Penerapan OJS Dalam Mobile / Android Yang Diperuntukkan Bagi Pembaca dan Author, 6(2), 37–48. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/236212-penerapan-ojs-dalam-mobileandroid-yang-d-c967db91.pdf

Sukamto, & Shalahuddin. (2013). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5022

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5022.g2936

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License