Workshop Manajemen Isu Bagi Pelaku UMKM

Ferdinandus Ngare, Veny Purba, Dimas Akhsin Azhar

Sari


Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini adalah untuk membantu menjelaskan langkah-langkah yang perlu ditindaklanjut oleh pelaku UMKM dalam menghadapi persoalan Manajemen Isu dalam mengembangkan bisnis mereka. Manajemen Isu adalah proses manajemen yang tujuannya adalah membantu menjaga pasar, mengurangi risiko, menciptakan peluang dan mengelola citra sebagai aset organisasi untuk keuntungan baik organisasi dan pemangku kepentingan utamanya. Isu selalu hadir dalam aktivitas organisasi sebagai akibat interaksi dengan lingkungan sosial tempat organisasi berada. Menurut Hainsworth, sebuah issue diciptakan sebagai sebuah ide yang memiliki dampak potensial pada beberapa organisasi atau publik yang mengakibatkan tindakan yang menyebabkan peningkatan kesadaran dan/atau reaksi pada bagian dari organisasi atau publik lainnya. Dalam sebuah model yang dikembangkan oleh Hainsworth & Meng (Regester & Larkin, 2003), proses ini dapat digambarkan sebagai siklus yang terdiri dari empat tahap berikut: sumber/origin, mediasi dan aplifikasi, organisasi dan resolusi. Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya lebih banyak pelaku UMKM yang menyadari pentingnya manajemen isu dalam pengembangan bisnsi mereka. Metode yang digunakan dalah deskriptif, agar dapat mendeskripsikan setiap tahapan dalam melakukan pelatihan. Pelatihan ini dilakukan untuk menimbulkan dampak secara kognitif dan afektif. Hal ini dianggap efektif untuk memberikan pemahaman tentang manajemen isu dan membuat mereka memahami dan melakukan tindakan manajemen isu dalam UMKMnya. Melalui pelatihan ini diharapkan ke depannya lebih banyak pelaku UMKM yang menyadari pentingnya peran komunikasi manajemen isu  dalam pengembangan bisnsi mereka. Serta kemampuan dalam menghadapi berbagai isu menjadi kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku UMKM.

Kata Kunci: Komunikasi, Manajemen Isu, UMKM


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ballard,Oli. (2016). 10 Business Mistakes and Lessons Learned From Them. https://www.businessleader.co.uk/10-business-mistakes-lessons-learned/23360/Chase, W. H. (1994). Issue Management: Origins Of The Future. U.S.A.. : Issue Actions Publications Inc.

Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Rachmadi, F. (1994) Public Relation Dalam Teori dan Praktek. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Regester, M., Judy, L. (2003). Risk Issues and Crisis Management in Public Relations. New Delhi: Crest Publish




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4931

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4931.g2946

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License