Gambaran Pengetahuan dan Sikap Perawat Tentang Komunikasi Terapeutik di Ruang Tenang RS.Jiwa
Sari
Abstrak
Komunikasi terapeutik sangat penting karena dapat mempengaruhi tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan dan dapat mengubah perilaku pasien dalam mencapai kesehatan optimal. Penyebab ketidakpuasan pasien disebabkan karena kurang baiknya komunikasi yang terjadi dengan pasien. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap perawat tentang komunikasi terapeutik di ruang tenang Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Penelitian Deskriptif, populasi adalah seluruh perawat D3 dan S1 di ruang tenang, dengan jumlah sampel 56 orang diambil secara proporsional random sampling,, menggunakan uji statistik analisis univariat dengan hasil dalam bentuk distribusi frekuensi. Pendidikan perawat 71,4% DIII Keperawatan dan 28,6% S1 Keperawatan. Perawat dengan pendidikan DIII keperawatan memiliki pengetahuan baik sebesar 87,5% dan sikap yang favorable terhadap komunikasi terapeutik 100%, S1 Keperawatan seluruhnya memiliki pengetahuan baik dan sikap yang favorable sebanyak 100%.
Kata Kunci : Komunikasi teurapeutik, pengetahuan, sikap.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Damaiyanti,Mukhripah. 2010. Komunikasi Terapeutik Dalam Praktik Keperawatan. Bandung: Rifika Aditama.Cetakan Kedua
Diana, R. S., & Ekowati, W. (2006). Hubungan Pengetahuan Komunikasi Terapeutik terhadap Kemampuan Komunikasi Perawata dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Elisabeth Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman,1(2), 53-60.
Mundakir, C. (2006). Komunikasi Keperawatan: Aplikasi dalam Pelayanan.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan.
Notoatmodjo, S. (2010). Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia.
Nurjannah, I. (2005). Komunikasi Terapeutik (Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat). Yogyakarta: Mocomedia.
Suryani, 2005, Komunikasi Terapeutik; Teori dan Praktik, EGC, Jakarta. Taylor, Lilis & LeMone. 1993, Fundamental of Nursing; the Art and Science
Wawan, A., & Dewi, M. (2010). Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika, 11-18.
DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4157
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4157.g2546
Terindex oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() |
dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License