Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Penunjang Media Presentasi

Venessa Agusta Gogali, Christopher Yudha Erlangga, Jaqualine Pramanta Putra, Ichsan Widi Utomo, Gema Irhamdhika

Sari


Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penggunaan multimedia interaktif sebagai bahan penunjang media presentasi. Adapun multimedia merupakan salah satu pelengkap dalam sebuah presentasi. Penelitian ini berfokus pada sumber daya manusia mabes polri Jakarta selatan untuk menambah kreatifitas anggota mabes polri dalam mempersiapkan materi presentasi. Multimedia interaktif menjadi bagian penunjang di berbagai aspek, salah satunya dalam sebuah presentasi. Multimedia interaktif tersebut bisa berupa video dan gambar yang mendukung pada presentasi. Adanya multimedia interaktif bertujuan menghadirkan media menarik disebuah presentasi supaya lebih memudahkan audiens dalam memahami tujuan dari presentasi yang dihadiri. Dengan adanya penunjang media interaktif ini diharapkan para anggota polri mengetahui banyak hal dalam membuat konten menarik untuk presentasi. Multimedia penunjang dalam sebuah presentasi bisa dibuat dengan menggunakan berbagai cara diantaranya dengan menggunakan adobe photoshop untuk mengubah gambar atau adobe premier untuk menyatukan potongan video menjadi sebuah video yang utuh. Multimedia interaktf diharapkan bisa menjadi penunjang yang baik dalam sebuah presentasi.

Kata kunci:  multimedia penunjang, pengetahuan, hasil


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariesto Hadi, Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif Dan Flash, PT Graha Ilmu. Yogyakarta

Creswell, John W. (2011). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Denzin NK, Lincoln YS. (2000). The Discipline And Practice Of Qualitative Research Dalam Denzin NK, Lincoln YS, Eds. Handbook Of Qualitative Research. Second Edition. Thousand Oaks: SAGE.

Fattah, Hanurawan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Gafur, Abdul. (2001). Desain Instruksional (Suatu Langkah Sistematis Penyusunan Pola Kegiatan Belajar Dan Mengajar). Tiga Serangkai. Solo.

Haryanto. (2012). Pengertian Dan Tujuan Pembelajaran. (Http://Belajarpsikologi. Com/Pengertian-Dan-Tujuan-Pembelajaran).

Pramono, Gatot (2007). Aplikasi Component Display Theory, Jakarta: Pustekkom

Pramono, Andi. (2006). Presentasi Multimedia Dengan Macromedia Flash. Andi

Offset, Yogyakarta.

Rokhman, M. Nur, & Murdyastomo, HY. Agus. (2005). Pembuatan Media Slide Suara Untuk Mata Pelajaran Sejarah SMU Volume 9, Nomor 1, Februari 2005. Yogyakarta: Jurnal Inovasi Dan Aplikasi Teknologi.

Riyana, Cheppy. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Yin, Robert K. (2014). Studi Kasus: Desain Dan Metode. Rajagrafindo Persada. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4143

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4143.g2539

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License