Perancangan Animasi Interaktif Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Paud Al Fattah

Luthfi Indriyani

Sari


Abstrak

Pembelajaran sangat penting dimulai sejak usia dini, termasuk pengenalan dasar-dasar agama untuk membangun pondasi keimanan seperti pengenalan huruf hijaiyah, Huruf hijaiyah merupakan huruf yang terdapat dalam al-qur’an dan tulisannya ditulis dengan bahasa arab. Dalam pengajaran untuk anak usia dini harus di sertai dengan permainan-permainan seolah mereka sedang bermain namun dalam keadaan belajar. Kegiatan belajar mengajar yang hanya mengandalkan alat tulis terkadang membuat anak merasa jenuh, tidak fokus dan sulit untuk menghafal. Diera globalisasi ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Dalam proses belajar diperlukan sebuah alat bantu sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat dikembangkan menjadi sebuah media yang menarik bagi semua orang termasuk anak-anak. Animasi interaktif dapat dijadikan salah satu alat bantu untuk membantu orang tua, guru dan anak-anak dalam proses belajar mengajar.

Kata kunci : Usia Dini, Interaktif, mengenal, Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arum. R, SP, Herlinawati, Dan Afis Pratama. 2012. Rancangan Bangun System Pembelajaran Tenses Berbasis Macromedia Flash 8. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan. Vol 1 No 1, Januari 2012. Diambil dari : http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet/article/view/24/3 (10 Oktober 2014).

Hidayati.Syarifah, Amsyaruddin, Asep Ahmad Sopandi. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Macromedia Flash Player Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol2 No 2, Mei 2013. Diambil dari: http://ejournal.fip.unp.ac.id/index.php/jupekhu (10 Oktober 2014).

Husaini, Fachri. 2013. Pembuatan Media Edukasi Ayo Bermain Huruf Hijaiyah Pada TPA An-Nur Daleman.Seminar Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer. Vol 2 No 1, Maret 2013. Diambil dari : http://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/638 (10 Oktober 2014).

Islandscript. 2008. Membuat Animasi Kartun Dengan Macromedia Flash 8. Jakarta: D@TAKOM Lintas Buana.

Supriasmoro. 2013. Menangani Anak Kesulitan Belajar Membaca. Nosi. Vol 1 No 1, Maret 2013. Diambil dari: http://www.pbindoppsunisma.com/wp-content/uploads/2013/03/Supriosmoro-43-48.pdf (10 Oktober 2014).




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4060

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4060.g2491

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License