Pengelolaan Branding Hotel Ponty Melalui Optimalisasi Media Handling

Dasrun Hidayat, Reza Rizkina Taufik, Titin Suhartini, Sukatno Krisbianto

Sari


Abstrak

Keterbatasan sumber daya manusia seringkali menjadi kendala belum optimalnya fungsi media. Padahal di era disruptif saat ini, pengelolaan media tidak membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah banyak. Pengelolaan media berbasis teknologi cukup dipegang oleh satu atau dua orang yang memiliki pemahaman tentang penulisan dan teknologi. Hal ini yang menjadi pemasalahan hotel Ponty dalam mengelola media. Meskipun demikian, dari hasil data lapangan selama kegiatan pengabdian masyarakat, ditemukan bahwa manajemen hotel Ponty sudah menerapkan fungsi media. Selama ini optimalisasi media handling mereka lakukan melalui media sosial facebook. Semua kegiatan berupa release, foto, video diunggah di media berbasis internet tersebut. Face book menjadi alternatif menutupi kekurangan fungsi media relations. Hubungan dengan pihak media eksternal diakui membutuhkan biaya dan sumber daya, sehingga sampai saat ini fungsinya belum berjalan optimal. Optimalisasi media handling tidak terbatas pada media mainstreem, akan tetapi media berbasis teknologi internet justru sangat membantu fungsi media. Media mainstreem yang dikenal sebagai media konvensional, kedudukannya saling menguatkan dengan media modern yang disebut media now atau media dengan teknologi digital.

Kata Kunci:  Branding, Hotel Ponty, optimalisasi media relations

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, Elvinaro. (2010). Metodologi Penetitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Hidayat, Dasrun. (2014). Media Public Relations. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hidayat, D., Kuswarno, E., Zubair, F., et al., (2017), Negosiasi Citra Budaya Masyarakat Multikultural. ASPIKOM, 3(2), pp.157–172.

Hidayat, D. & Anisti, A., (2015), Wartawan Media Now dalam Mengemas Berita: Perspektif Situational Theory. Jurnal ASPIKOM, 2(5), p.295. Available at: http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/81.

Iriantara, Yosal. (2008). Media Relations, Konsep Pendekatan dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Soemirat, Soleh & Ardiantoo, Elvinaro. (2005). Dasar-Dasar Public Relations.Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.4046

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.4046.g2499

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License