Penggunaan Sastra Lingkungan Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Peduli Lingkungan
Sari
Abstrak
Kondisi lingkungan kita sangat mengkwatirkan karena banyak orang enggan berfikir untuk peduli lingkungan, enggan berfikir akan dampak negatif dari masalah lingkungan. Jika hal ini di biarkan dan tidak ada tindakan dari generasi muda maka ini akan menjadi ancaman bagi ketahanan lingkungan manusia dan juga akan menjadi ancaman bagi masa depan bangsa ini khususnya bagi masa depan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa yang kelak nanti diharapkan dapat memelihara dan menjaga lingkungan atau alam ini. Melalui pengabdian ini, tim dosen bahasa Inggris Universitas Madura berusaha memberikan pengetahuan kepada anak SDN Pagendingan Pamekasan kelasa rendah tentang peduli lingkungan dengan melihat film “Avatar” dan “Wall-E” sebagai bagian dari sastra lingkungan, dengan tujuan untuk membentuk karakter anak sadar dan peduli lingkungan. Adapun hasil perubahan karakter anak akan di bahas di bab hasil dan pembahasan.
Kata kunci : lingkungan, film “Avatar”, film “Wall-E”.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buell et al. (2011). Literature and Environment. The Annual Review of Environment and Resources
Santora, Linda A. (2013). Assessing Children’s Literature. Anti-Defamation League 605
Third Avenue, New York, NY 10158
Slattery, P., & Rapp, D. (2003). Ethics and the foundation of education. Boston: Allyn &
Bacon.
Amanda, M. (2008). A Story Book for Sustainability. Sydney: Australia.
http://digitalcollections.sit.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1057&context=isp_collection
DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3930
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3930.g2481
Terindex oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() |
dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License