Peningkatan Kemampuan Guru SDN 34 Seberang Palinggam dan SDN 06 Teluk Bayur Padang Dalam Mengembangkan Materi Ajar
Sari
ABSTRAK
Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilatarbelakangi kondisi di sekolah mitra yang cenderung belum menyiapkan materi ajar yang sesuai dengan jenis dan prinsip pengembangan. Tujuan diadakannya PKM ini adalah agar materi yang disampaikan guru sesuai dengan jenis dan prinsip pengembangan materi ajar (fakta, konsep, pinsip dan prosedur). Dengan demikian, guru dapat dengan mudah menyampaikan materi di kelas. Siswa juga dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran. PKM diadakan dalam bentuk pelatihan bagi guru-guru di SD Negeri 34 Seberang Padang dan SD Negeri06 Teluk Bayur Padang. Hasil dari pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa proses berjalan dengan baik dan guru sudah bisa menyusun materi ajar sesuai dengan prinsip pengembangan materi ajar.
Kata Kunci: Guru Sekolah Dasar, Kemampuan, Materi Ajar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Imam Mustaqim. 2013. Pengembangan Materi Pembelajaran. https://imammalik11.wordpress.com/2013/12/12/pengembangan-materi-pembelajaran. (diakses tanggal 12 Desember 2017)
Muhammad Syamsul Arifin. 2015. Pengembangan Materi Pembelajaran. http://muhsyamsularifin.blogs.uny.ac.id/wpcontent/uploads/sites/1979/2015/12/PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN.pdf. (diakses tanggal 12 Desember 2017)
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Permendiknas. 2005. Standar Pendidikan Nasional Pasal 1, Nomor 41 tentang Standar Proses.
DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3647
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3647.g2488
Terindex oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() |
dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License