Pendampingan Kewirausahaan Melalui Program Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pada UMKM Hijab Jannata

Ani Solihat, Iis Iskandar, Andry Trijumansyah, Eli Susana, Nela Widyastuti

Sari


Abstrak

UMKM Hijab Jannata merupakan hasil dari pembentukan Wirausahan Baru tahun 2015, sampai saat ini memiliki system produksi yang rutin dalam pembuatan hijab atau kerudung, dengan produk unggulannya adalah khimar atau hijab panjang syar’i untuk wanita muslim dewasa. UMKM yang terletak di pusat kota Bandung tepatnya di wilayah Pasundan dimana daerah ini sangat potensial dan tepat di area pusat pertokoan dan pembelanjaan Alun-Alun Bandung seperti ITC Kebun Kelapa, Pasar Baru, Parahyangan, dan pertokoan di jalan Kepatihan. Adapun kegiatan pelaksanaan pendampingan usaha pada UMKM Hijab Jannata yang terletak di RW 04 Kelurahan Balonggede Kecamatan Regol Kota Bandung dalam bentuk  pelatihan dan pemberdayaan masyarakat sebagai suatu kegiatan yang diarahkan dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM melalui pendampingan kewirausahaan melalui program bimbingan manajemen pemasaran dan keuangan.

Kata Kunci : Kewirausahaan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

http://bandung.bisnis.com

http://m.galamedianews.com Bandung Raya | Senin, 15 Februari 2016 | 20:49 WIB




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.3062

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.3062.g2522

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License