Media Pembelajaran Cake Dekorasi Dengan Menggunakan Youtube di Rumah Kue Millah

Oda I. B Hariyanto, Iis Iskandar, Gartika Rahmasari

Sari


Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia begitu pesat, hal ini terbukti dari beberapa penelitian bahwa  proses belajar mengajar masa kini sudah  melibatkan internet; weblog,  software dan youtube sebagai media  pembelajaran yang efektif dan effisien. Penggunaan media pembelajaran terutama  youtube  memiliki kemampuan untuk dapat memaparkan sesuatu yang rumit atau kompleks, sehingga lebih memudahkan peserta didik memahami, dan menyerap materi yang disampaikan oleh pendidik. Media pembelajaran youtube  menambah minat peserta didik dan membantu pendidik  untuk menjelaskan materi yang sulit dijangkau. Penggunaan youtube sebagai media pembelajaran cake dekorasi  dapat digunakan  untuk menjelaskan tahapan membuat cake dekorasi secara rinci dan detail, serta dapat menjangkau peserta didik secara klasikal.  Selama ini penggunaan youtube sebagai media pembelajaran  digunakan pada pendidikan formal, seperti sekolah-sekolah. Youtube  belum digunakan pada pada pendidikan non formal seperti pada pelatihan, atau kursus di Rumah Kue Millah. Metoda penelitian yang digunakan adalah  metoda  Research and Development, untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah, pertama mengembangkan media pembelajaran youtube untuk  mengajarkan membuat cake dekorasi kepada para peserta yang terdiri dari   ibu rumah tangga dan remaja putri. Kedua untuk memberikan keterampilan   membuat cake dekorasi,  sehingga keterampilan tersebut dapat digunakan untuk usaha membuat cake dekorasi, dengan demikian akan menambahan penghasilan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Kata Kunci : youtube  dan  media pembelajaran cake dekorasi

 

Abstract

The development of information and communication technology in Indonesia is so rapid, it is evident from some research that the teaching and learning process now involves the internet; weblog, software and youtube as an effective and efficient learning media. The use of learning media, especially youtube has the ability to be able to describe something complicated or complex, making it easier for learners to understand, and absorb the material presented by educators. Youtube learning media adds learners' interest and helps educators to explain difficult to reach material. The use of youtube as a learning media cake decoration can be used to explain the stages of making cake decorations in detail and detail, and can reach students in classical. So far, the use of youtube as a medium of learning is used in formal education, such as schools. Youtube has not been used in non-formal education such as training, or courses at Millah Home Cake. The research method used is the Research and Development method, to produce a specific product and test the effectiveness of learning media. The purpose of this research is, first develop youtube learning media to teach make decoration cake to the participants consisting of housewife and young woman. Secondly to provide the skill of decoration cake, so that skill can be used to make decoration cake, thereby increasing the income to improve family welfare

Keywords: youtube, and learning media of cake decoration


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Dinadianaaysh. 2017. Cake Decoration. https://docuri.com/download/bab-1-cake-decoration/diunduh 23/11/2017.

Yayat, Ruhiyat. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Film Youtube Untuk Meningkatkan Penguasaan Listening Skills Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. UPI Digital Respository.

Latuheru, JD. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Masa. Kini. Jakarta:

DepdikbudMason R. (1994)

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noviyanto Tri Suwarno Handoko, Juanengsih Nengsih, Rosyidatun Eny S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Metodologi Penelitian; Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 2002. Media Pengajaran. Bandung : Sinar

Baru Algensindo.

Susilowati, Wiji. (2007). Pengembangan Program Macromedia Flash 8 Pembelajaran Fisika di SMA Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA

Sukmaningtyas, Winda. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat dengan Aplikasi Adobe Flash untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII.Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.2862

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.2862.g1855

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License