Edukasi Teknologi Internet Dan Media Sosial Guna Membangun Keterampilan Digital Bagi Yatim Dan Dhuafa Tarbiyyatul Qolbi Nusantara

Mochamad Nandi Susila, Hariyanto Hariyanto, Ahmad Jurnaidi Wahidin, Ventianus Sarwoyo

Sari


Penggunaan Internet telah meningkat secara signifikan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pada Januari 2023, dengan jumlah pengguna mencapai 213 juta atau 77% dari total populasi. Dalam konteks ini, Rumah Tahfidz Qur'an Yayasan Tarbiyyatul Qolbi Nusantara yang berada di Tangerang merasa perlu memperkenalkan anak-anak yatim dan dhuafa pada teknologi internet dan media sosial. Dalam upaya ini, yayasan beserta kampus UBSI menerapkan metode Service Learning (SL) dalam kegiatan yang tujuan meningkatkan pegnetahuan untuk mengatasi ketidakpahaman anak-anak terhadap penggunaan internet dan media sosial yang positif. Hasilnya, kegiatan pengabdian ini mendapatkan respon positif dari peserta, dengan 34,22% sangat puas, 62,67% puas, dan 3,11% cukup puas. Dengan demikian, pendekatan SL dan metode ceramah berhasil memberikan dampak positif, dan diharapkan kegiatan serupa dapat diulang dengan materi yang lebih beragam, seperti edukasi teknologi Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (1st ed.). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.

Ahmadi, C., & Hermawan, D. (2013). E-business & e-commerce. In Andi (1st ed.). Ais, R. (2020). Komunikasi Efektif di Masa Pandemi Covid-19: Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Era 4.0 (1st ed.).

Makmood Publishing. Annur, C. M. (2023). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (Januari 2013-Januari 2023). Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internetdi-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Guntoro, G., Lisnawita, L., & Sadar, M. (2019). Pelatihan internet sehat dan aman bagi siswa SMK Masmur Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 223–230. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.201942.105

Hendrik, B., & Awal, H. (2023). Pelatihan Teknologi Internet pada Siswa Sekolah Dasar. Jurmas Bangsa, 1(2), 76–81.

Nuryani, E., Hendra, Y., & Ruhiawati, I. Y. (2021). Penyuluhan Dan Pelatihan Internet Sehat Untuk Anak Usia Sekolah Menengah Pertama (Smp) Pada Kelurahan Cipare Kecamatan Serang Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 75–85. https://doi.org/https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i1.1262

Radita, S. Z. I. R. D. N. F. R. (2023). Moralitas Generasi Z di Media Sosial: Sebuah Esai. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 1 No. 02 (2023): Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i02.13

Regiani, E., Dwiputri, F. A., Amaliyah, S., & Herlambang, Y. T. (2023). Dampak JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat E-ISSN : 2614-6711 326 http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Penggunaan Teknologi Internet terhadap Perkembangan Kognitif dan Perilaku Anak dalam Keluarga. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2888–2899. https://doi.org/https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.666

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Sari, A. P. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Rumah Qur’an Insan Mulia Dalam Membentuk Kepribadian Santri Di RT. 31 Kelurahan 16 Ulu Kota Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service learning: Mengintegrasikan tujuan akademik dan pendidikan karakter peserta didik melalui pengabdian kepada masyarakat. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 143. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/bb.41076

Sinta, I. M. (2019). Manajemen sarana dan prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645

Wahidin, A. J., Pattiasina, T., Akbar, D. D., Budiyono, P., Informasi, S. T., Komputer, F. I., Bina, U., Informatika, S., Informasi, S. S., & Komputer, F. I. (2021). Pelatihan E-Commerce dan Membuat Toko Online Pada Asrama Yatim dan Dhuafa Al Alif 165. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasio, 1(1), 38–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13746

Zulaecha, N. N., Hafidz, H., Pertiwi, B. N. O., & Nashihin, H. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Dakwah Digital Dalam Penyiaraan Agama Kalangan Kaum Milenial Di Instagram (Ustadz Hanan Attaki). Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 534–547. https://doi.org/http:/dx.doi.org/10.51278/aj.v5i2.763




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i2.20604

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i2.20604.g6610

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License