Peningkatan Pengetahuan UMKM PPKH Karawang dalam Penguasaan Literasi dan Inklusi Keuangan Serta Digital Marketing

Asep Asep, Mike Amelia, Ratnawati Ratnawati

Sari


PPKH Kabupaten Karawang memiliki kelompok binaan UMKM yang salah satunya berada di Kecamatan Telagasari. Permasalahan yang ada pada pelaku UMKM ini antara lain masih terbatasnya pengetahuan mereka mengenai bagaimana mengelola keuangan serta pengetahuan akses terhadap lembaga keuangan yang dapat membantu pengembangan usahanya. Di samping itu permasalahan lain timbul dalam hal pemasaran, serta tampilan produk yang masih kurang menarik seperti label produk yang masih dibuat alakadarnya. Dari permasalahan tersebut maka tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan para peserta UMKM khususnya di Kecamatan Telagasari dalam penguasaan literasi dan inklusi keuangan serta penggunaan digital marketing serta meningkatan tampilan produk akhir sebelum dipasarkan. Pelatihan dan penyuluhan digunakan sebagai metode yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut secara langsung kepada para peserta UMKM. Angket diberikan sebelum dan sesudah kegiatan sebagai hasil evaluasi kegiatan pelatihan. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini antara lain adalah adanya peningkatan pengetahuan mereka mengenai literasi dan inklusi keuangan menjadi 75%, digital marketing 93% dan pembuatan label produk sebesar 92%. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan para peserta sangat antusias dan puas dengan kegiatan yang diadakan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar, A. (2017). Analisis Empiris Inklusifitas Keuangan Syariah di Indonesia. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, 10(1), 1–21. https://doi.org/10.48108/jurnalbppk.v10i1.21

Dahrani, D., Saragih, F., & Ritonga, P. (2022). Model Pengelolaan Keuangan Berbasis Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan: Studi pada UMKM di Kota Binjai. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2), 1509–1518. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.778

Depari, G. S., Alfonsius, T., E., & Purba, R. (2022). Pemasaran Digital di Era Pandemi Covid-19. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 109–113. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.217

Fathurrahman, I., Icih, & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Love of Money, dan Pengetahuan Laporan Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan UMKM di Wilayah Kabupaten Subang. Journal of Accounting for Sustainable Society, 02(01), 41–66. https://doi.org/10.35310/jass.v2i01.615

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Millani, A. I., Layli, M., Putri, S. A., & Calvin. (2023). Pendampingan UMKM Kue Basah Di Kelurahan Gunung Anyar Melalui Desain Logo, Kemasan dan Merk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 02(04), 403–408. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/sabangkaabdimas/article/view/651

Napitupulu, J. H., Ellyawati, N., & Astuti, R. F. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Kota Samarinda. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(3), 138–144. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n3.p138-144

Safira, N., & Dewi, A. S. (2019). Peran Modal Sosial Sebagai Mediator Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan di Kota Padang. Jurnal Mitra Manajemen, 3(1), 29–43. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i1.176

Saifudin, & Ardani, F. P. (2017). Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas dalam Meningkatkan Pengendalian Internal Atas Pendapatan Pada RSUP Dr Kariadi Semarang. Jurnal RAK: Riset Akuntansi Keuangan, 2(2), 123–138. https://doi.org/10.31002/rak.v2i2.221

Sanistasya, P. A., Raharjo, K., & Iqbal, M. (2019). The Effect of Financial Literacy and Financial Inclusion on Small Enterprises Performance in East Kalimantan. Jurnal Economia, 15(1), 48–59. https://doi.org/10.21831/economia.v15i1.23192

Saraswati, N. W. S., Anggara, I. G. A. S., Muku, I. D. M. K., Setiawan, I. K., & Natalia, S. A. M. K. D. (2022). Pengembangan Label Produk Sabun “Sekar Wangi” di Desa Apuan, Kecamatan Susut Bangli. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 6(2), 71–76. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/para_dharma/article/view/2391

Sastika, W. (2018). Epic Model: Pengukuran Efektivitas Iklan Kuliner Melalui Sosial Media Instagram @Kulinerbandung Sebagai Media Promosi. JTIM - Jurnal Teknologi Informasi & Manajemen, 1(01), 21. https://doi.org/10.25124/jtim.v1i01.1531

Septiani, R. N., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Di Sidoarjo. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3214–3236. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p16

Wahidah, H. G., & Ritonga, M. (2023). Dampak Maraknya Bank Keliling (Bank Emok) Di Kalangan Masyarakat Bungursari Kota Tasikmalaya. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(5), 2047–2054. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i5.4637

Yanti, W. I. P. (2019). Pengaruh Inklusi Keuangan dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Moyo Utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.305




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.20424

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.20424.g6350

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License