Optimasi Pemasaran Produk UMKM melalui Pelatihan Fotografi dan Media Sosial di Desa Sawah Lebar Baru untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Tiara Eka Putri, Widhia Oktoberza, Ade Sri Wahyuni

Sari


Desa Sawah Lebar Baru, binaan Fakultas Teknik Universitas Bengkulu, merupakan lokasi di mana sejumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengalami kesulitan dalam memasarkan produk serta menciptakan konten yang menarik bagi konsumen. Situasi ini berpotensi menghambat pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, yang menjadi fokus utama Pembangunan Berkelanjutan. Untuk mengatasi tantangan ini, dilakukan pelatihan fotografi produk dan strategi pemasaran menggunakan media sosial Instagram bisnis. Metode pelatihan mencakup tahapan pra-pelatihan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi pasca-pelatihan. Peserta diberikan pemahaman dasar tentang teknik fotografi produk dan aplikasi penyuntingan Blend. Peserta juga diajarkan strategi pemasaran media sosial Instagram bisnis. Evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta, dengan peningkatan persentase mencapai 135%, 104.55%, dan 83.33% untuk aplikasi penyuntingan, fotografi produk, dan penggunaan Instagram Bisnis. Meskipun ada variasi dalam peningkatan, dampak positifnya masih terasa. Pelatihan ini membantu UMKM Sawah Lebar Baru meningkatkan kualitas produk dan daya tarik pasar, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif. Pengabdian ini memberikan manfaat signifikan dengan meningkatkan pemahaman dan motivasi peserta dalam pemasaran media sosial, sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damis, S., & Harun, H. (2024). Peningkatan Pendapatan Usaha UMKM Asoka Desa Tanra Tuo Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang Melalui Digitalisasi Bisnis. Economics and Digital Business Review, 5(1). https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i1.941

Endarwati, E. T., Widyastuti, S. M., & Desfitrina, D. (2022). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alternatif Strategi Pemasaran Para Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, 6(3), 2164–2171. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2739

Faidati, N. (2022). Peningkatan Kapasitas Marketing Online Bagi Perempuan Pelaku UMKM. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 6(1), 23–42. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/ppm/article/view/2171

Ginting, E., & Sihura, H. Z. (2020). Kebijakan Pemberdayaan Perempuan Di Bidang Ekonomi Dalam Upaya Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Ramah Gender Studi Kasus: Perbandingan Kebijakan permerdayaan perempuan Kota Surabaya dan Probolinggo dibidang UMKM. Jurnal Inada, 3(2), 201–213. https://doi.org/10.33541/ji.v3i1.2458

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Journal of Community Services in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77–85.

Hasyanita, A. N., & Mayangsari, I. D. (2022). Analisa Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Alat Komunikasi Pemasaran Eboni Watch. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1096–1102. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3082

Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan Daya Saing Produsen Minuman Herbal Melalui Pembuatan Konten Kreatif Media Sosial Berbasis Pemasaran E-Marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2). https://doi.org/10.25139/jkp.v3i2.1982

Jatmiko, S. (2019). Upaya United Nations Development Programme (UNDP) dalam Meningkatkan Kesetaraan Gender di Indonesia melalui Program Sustainable Development Goals (SDGs). Universitas Katholik Parahyangan.

Khairunnisa, I. N., Putranti, I. R., & Hanura, M. (2022). Partisipasi Perempuan Indonesia Dalam Ekonomi Kreatif Untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals. Journal of International Relations Universitas Diponegoro, 8(3), 385–395. https://doi.org/10.14710/jirud.v8i3.34459

Kusuma, V. A. M., Sahabuddin, Z. A., & Hutasoit, P. S. J. K. (2022). Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Jurnal Cafetaria, 3(1), 24–35. https://doi.org/10.51742/akuntansi.v3i1.492

Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2021). Social Media Marketing Strategy: Definition, Conceptualization, Taxonomy, Validation, and Future Agenda. Journal of The Academy of Marketing Science, 49, 51–70. https://doi.org/10.1007/s11747-020-00733-3

Nurlaela, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Peningkatan Pemasaran Bisnis UMKM. JalinMas: Jurnal Kolaborasi Dan Pengabdian Masyarakat, 2(01), 1–7. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i2.1403

Permatasari, A. (2022). The Role of Women in the Growth of the Creative Economy in Indonesia. The 5th ICIS (2022): Exploring K.H. Abdurrahman Wahid’s Thoughts: Integrative Islamic Studies for Humanity and Prosperity, 713–720. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/icis/article/view/946

Rizky, L., Pratiwi, T. S., Chotimah, H. C., Iswardhana, M. R., Wibawa, A., & Arisanto, P. T. (2021). Budidaya Jamur pada Ibu-Ibu Rumah Tanga di Dusun Kruwet untuk Mewujudkan SDGs 2030. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 177–185. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i3.155

Setyanta, B. (2022). Pelatihan Pemasaran Media Sosial Di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.55824/jpm.v1i1.7

Syahputro, E. N. (2020). Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial. Caremedia Communication.

Wahyuni, E. D., Febryan, I., Oktaviani, D., Putra, A., Pradana, R., Aulia, A., Rahmayanti, V., & Regata, D. (2023). Peningkatan Perekonomian Desa Melalui Pemberdayaan UMKM dan Pemanfaatan Digital Marketing. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 467–474. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12207

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655

Yuniawati, R. A. (2021). Pemberdayaan Perempuan Dalam Membangun Kemandirian Ekonomi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 169–173. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4861




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.19922

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.19922.g6351

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License